Bimtek SIPD Pemkab Bolmong Tingkatkan Kapasitas SDM

0
90
Sekda Tahlis Gallang saat memberikan sambutan pada Bimtek SIPD. (Foto: Istimewa)

TNews, BOLMONG — Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) pergeseran dan penatausahaan anggaran Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun anggaran 2021.

Kegiatan yang digelar di Mercure Hotel, Manado, Senin (12/04/2021) dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang.

Kepala BKD Rio Lombone dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Bimtek SIPD tidak lain untuk peningkatan kapasitas SDM dalam tataran Pemda Bolmong.

“Kegiatan ini diikuti oleh 126 peserta yang terdiri dari Sekretaris Dinas dan Badan, Kasubag Program dan bendahara masing-masing OPD. Sementara, pelaksanaan Bimrek digelar selama tiga hari terhitung 11 sampai 13 April 2021 dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” kata Rio.

Sementara itu, Sekda Tahlis Gallang dalam sambutannya saat membuka Bimtek SIPD tersebut, mengatakan kegiatan kali ini penting untuk diikuti oleh peserta masing-masing Dinas dan Badan. Dimana kata dia, dalam penerapan SIPD merupakan hal baru bagi seluruh daerah tak terkecuali Kabupaten Bolmong, tentunya menjadi modal utama bagi peserta untuk mempelajari untuk diterapkan kepada teman-teman pegawai lain.

“Para peserta Bimtek ini beruntung. Sebab SIPD merupakan hal baru. Apalagi dalam jajaran OPD hanya tiga orang yang memiliki kesempatan untuk mempelajarinya dengan baik,” ujar Sekda.

Menurutnya, ada dua hal penting dalam pelaksanaan Bimtek. Pertama, terkait dengan pergeseran. Sebagaimana diketahui, pergeseran anggaran pemerintah daerah sudah dilakukan meskipun belum menggunakan SIPD dan baru sebatas manual atau dengan aplikasi lainnya. Hal kedua terkait dengan transaksi keuangan daerah.

“Ini sangat penting untuk kita ikuti dengan baik. SIPD ini jangka panjang, tidak menutup kemungkinan, seluruh kementerian akan menggunakan aplikasi ini termasuk pemerintah daerah, sebagaimana amanat dari Bapak Presiden Joko Widodo,” tuturnya.

Untuk itu dia berharap, peserta yang mengikut Bimtek dapat mengambil baigian keikutsertaan dengan baik, sehingga apa yang diharapkan oleh pemerintah daerah dapat tercapai sesuai dengan harapan.

“Kita sudah jauh-jauh menggelar Bimtek di luar daerah, harapannya agar peserta lebih semangat lagi dan ilmu yang diterapkan lebih diserap dengan baik. Kesempatan ini jangan disia-siakan,” tegasnya.

“Selain itu kegiatan ini menjadi modal bagi seorang PNS untuk dapat memahaminya dengan baik. Kalian (para peserta-red) menjadi tumpuan dari masing-masing OPD,” Tahlis menambahkan.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.