Bimtek SPIP Efisiensi dan Efektivitas Pemerintahan

0
1
Sekda Tahlis saat memberikan sambutan pada Bimtek SPIP.

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Kamis (21/10/2021).

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Kantor Bappeda tersebut, dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahli Gallang, diikuti seluruh pimpinan SKPD, camat, sekretaris dinas/badan, sekretaris kecamatan, kasubag program, kasubag perencanaan dinas/badan/kecamatan.

Sekda Tahlis dalam sambutannya mengatakan, Bimtek SPIP sangat penting untuk dilakukan, sebab tugas kedepannya semakin berat.

Setiap hari kata dia, beban dan tanggung jawab bukan berkurang, tetapi semakin padat.

“Fungsinya lebih bertambah, tetapi untuk efisiensi dan efektivitas pemerintahan memang seyogyanya harus seperti itu. SKPD itu ada atau suatu unit kerja itu ada, tergantung melaksanakan fungsinya, jika tidak ada, maka bisa saja SKPD itu di lebur dengan SKPD lainnya,” unkapnya.

jika sebelumnya tidak tahu bagaimana penilaian SPIP. Juga tidak akan ketahuan sudah berada di level berapa dan sebagainya. Tetapi mulai tahun ini, penilaian itu sudah diserahkan kepada SKPD masing-masing, namanya penilaian mandiri. Benar-benar luar biasa, akan nampak tanggung jawab.

Selain itu Sekda Tahlis berharap, kegiatan bimtek harus diikuti para peserta dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah bekal, jangan sampai kemudian teknologi semakin berkembang, ilmu pengetahuan semakin berkembang, proses administrasi pemerintahan semakin efektif, tetapi pola pikir dan cara kerja kita masih biasa-biasa saja, kita akan ketinggalan,” tegas Tahlis.

Sekadar diketahui, konsep SPIP terintegrasi telah memasukkan elemen pencegahan dan pengendalian korupsi untuk memitigasi risiko korupsi.

Imran Asiaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.