Dandim 1310/Bitung Berharap Lewat Penyuluhan Pertanian Bisa Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

0
14

TNews, BITUNG – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun 2019 Kodim 1310/bitung, tidak hanya melaksanakan kegiatan sasaran fisik saja. Akan tetapi dalam TMMD ke-105 ini juga ada kegiatan sasaran non fisik yaitu memberikan penyuluhan kepada para petani di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, (15/7/2019).

Bertempat di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Duasudara, Kodim 1310/Bitung bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung memberikan penyuluhan pertanian kepada warga setempat yang bekerja sebagai petani.

Para penyuluh pertanian secara khusus memberikan materi tentang peningkatan produksi Tanaman, dan pencegahan hama tanaman, terkait struktur tanah yang cukup baik bagi pertanian di Kelurahan Duasudara.

Menurut George Rotty, SP selaku pemberi mengatakan, kepada warga masyarakat Kelurahan Duasudara tentang bagaimana cara mengatasi hama tanaman pada cabe. Cara membudidayakan tanaman cabe, serta mengatasi penyakit daun kriting merupakan salah satu penyakit yang sangat dikenal dikalangan petani cabe.

“Pasalnya penyakit ini dapat berkembang sangat cepat dimusim kemarau yang mana akibatnya bisa menurunkan atau bahkan menghentikan produksi tanaman cabe,” ujarnya.

Penyuluhan pertanian yang merupakan bagian dari program TMMD ini berfokus memberikan pemahaman bagi warga desa untuk memulai serta melanjutkan program pertanian yang telah menjadi program pemerintah.

“Ketahanan pangan merupakan program pemerintah. Jadi, dengan penyuluhan ini bisa membawa manfaat karena mungkin masih ada beberapa petani yang tidak tahu cara bercocok tanam yang benar,” ungkapnya.

Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. melalui Dan SSK TMMD ke-105, Lettu Inf Julen T. Kasiaheng menyampaikan, penyuluhan pertanian ini diharapkan bisa semakin memajukan dunia pertanian di Kelurahan Duasudara dan sekitarnya. Diharapkan setelah ini petani juga dapat menerapkan teknologi yang telah disampaikan oleh pemateri.

“Ya, semoga dengan diberikannya penyuluhan ini masyarakat semakin tahu dan paham tentang bertani sehingga akan menghasilkan panen yang bagus dan ekonomi masyarakat pun meningkat,” ungkap Lettu Inf Julen T. Kasiaheng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.