Ibu – Ibu Dilatih Proses Pembuatan Abon Ikan

0
53
Ibu – Ibu Dilatih Proses Pembuatan Abon Ikan
Proses pembuatan Abon Ikan di Kota Bitung. (Foto: ist)
Loading...

TOTABUANEWS, BITUNG –Khouni Lomban-Rawung, M.Si didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Dr. Rinny Pangemanan-Tinangon, Sp.PD menghadiri sekaligus membuka kegiatan Temu Usaha Pengelolah dan Pemasar Hasil Perikanan ( “Pelatihan Pembuatan Abon Ikan” ) bersama ibu-ibu Bayangkari Kota Bitung yang di laksanakan di Dinas Perikanan Kota Bitung.

Dalam Sambutannya, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Dra. Khouni Lomban-Rawung, M.Si mengatakan kegiatan pelatihan pembuatan Abon ikan digelar dengan tujuan untuk meningkatkan SDM perempuan nelayan dalam hal pengetahuan mengolah hasil perikanan. Sehingga dapat meningkatkann pendapatan keluarga. “Produk Abon Ikan kita saat ini meski produksi lokal tetapi sudah mempunyai kualitas Internasional,” kata Khouni.

Dengan pelatihan yang diselenggarakan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan nelayan dalam mengelolah hasil laut yang ada di kota Bitung. “ Pelatihan ini dipandu oleh narasumber yang sudah berkompeten dalam melakukan proses pengolahan ikan. Sehingga dapat memberikan pelajaran teknik pembuatan abon ikan,” tutur Khouni.

Lanjutnya, bila produk tersebut bisa dikemas dengan sebaik mungkin maka dapat dipasarkan di toko swalayan yang ada di Kota Bitung ini. “Jika produk kita ini berstandar yang baik jangankan cuma di pasarkan di Kota Bitung tetapi kita bisa Go Internasional,” tukas Khouni.

Khouni berharap, dengan pelatihan  pengolahan perikanan ini, masyarakat nelayan atau pesisir dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan nilai perikanan. “Setelah kegiatan ini saya berharap dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam masyarakat pesisir sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Bitung. Terutama yang berada dipesisir,”ucap Khouni.

PELIPUT: Rahmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.