Ketua TP-PKK Kota Bitung Sosialisasikan Kewaspadaan Dini Masyarakat Tentang Perlindungan Anak

0
44
Ketua TP-PKK Kota Bitung Sosialisasikan Kewaspadaan Dini Masyarakat Tentang Perlindungan Anak. (Foto : Humas Pemkot Bitung)

TNews, BITUNG SULUT – Ketua TP PKK Kota Bitung Ny. Rita Mantiri Tangkudung menjadi pemateri pada kegiatan Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat yang digelar oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Aula SMAN 1 Bitung,senin (24/10/2022).

Dengan Tema Perlindungan Anak Sebagai Bentuk Kewaspadaan Dini Ny. Mantiri mengingatkan peserta sosialisasi untuk paham dulu tentang kerawanan sosial, yang menurut para ahli antara lain Balleteros.

“Baleteros adalah kerawanan sosial yang menurut para ahli merupakan ketidakmampuan seseorang individu, kelompok sosial, dan masyarakat dalam menghadapi beragam tekanan terkait ekonomi, politik, lingkungan, serta kebudayaan,” terangnya.

Tentang definisi anak dalam kitab undang-undang (UU) hukum perdata pasal 330, yang belum dewasa adalah mereka yang belum mencapai usia dua puluh satu (21) tahun, dan belum kawin.

Lebih jauh Ny. M. Tangkudung menjelaskan tentang keberadaan anak, mengapa harus ada perlindungan.

“Mengapa anak perlu dilindungi? Karena anak tidak bisa melindungi dirinya sendiri. Anak adalah pihak paling lemah. Itu sebabnya orang tua juga pemerintah harus berupaya melindungi anak dari kerawanan sosial seperti, kekerasan, ekspolitasi anak, serta penyalagunaan narkoba,” ungkap Tangkudung.

Menurutnya, pengentasan kerawanan sosial membutuhkan usaha dan upaya kolaboratif baim pencegahan maupun perbaikan.

Dampak terhadap anak diatasi secara eksternal yaitu oelh orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pemerintah. Secara internal oleh anak itu sendiri artinya, cara pandang dan kemauan anak, menjadi kunci suksesnya pengentasan kerawanan sosial pada anak.

“Demikian juga wanita. Anak dan wanita adalah merupakan aset bangsa yang harus dilindungi dan diberi ruang untuk berkembang dan maju,” tandasnya.

Turut hadir, Kaban Kesbangpol Octavianus Tumundo,Kepala SMAN 1 Bitung Syane Buisang, serta ketua FKDM Wilson Wonte, pimpinan serta anggota Pokja 1 TP PKK, para guru dan siswa SMA Bitung.

Reporter : Jane Lape

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.