Tingkatkan Sektor UMK dan UMKM, Pemkot Bitung MoU dengan BNI

0
38
Tingkatkan Sektor UMK dan UMKM, Pemkot Bitung MoU dengan BNI

TOTABUANEWS, BITUNG – Bertempat di Posko Tanggap Darurat BPBD Kota Bitung, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban didampingi Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pimpinan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bitung Sjaloom J P Rampengan (21/2)

Dalam sambutannya Lomban memaparkan tujuan penandatangan MoU sebagai bentuk kerjasama Pemerintah Kota Bitung dengan pihak swasta dalam peningkatan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Bitung. “Jadi MoU ini sudah jelas adalah untuk peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat Kota Bitung melalui penggunaan jasa dan layanan perbankan yang dimiliki oleh BNI,” jelas Lomban.

Lebih lanjut Lomban menjelaskan nantinya dari pihak BNI akan memberikan aplikasi online yang dapat memfasilitasi setiap UMKM dalam melakukan kegiatan manajemen usaha seperti : pembiayaan KUR, transactional banking (cash management), branchles banking (keagenan), pembayaran pajak dan penerimaan daerah secara online dan lain sebagainya.

“Pemanfaatan online marketplace ini nantinya meliputi e-commerce dan e-payment, dan tidak menutup peluang untuk nantinya dapat dikembangkan untuk pemberdayaan UMKM itu sendiri, sektor pariwisata ataupun potensi-potensi lain yang ada di Kota Bitung.” tutur Lomban

Lomban berharap dengan adanya online marketplace ini dapat meningkatkan minat para pelaku usaha dalam mempromosikan hasil potensi daerah ke kancah internasional karena melalui online marketplace produk lokal nantinya dapat diakses siapa saja, kapan saja lewat koneksi internet.

Pada kesempatan tersebut Lomban juga berterima kasih kepada pihak BNI yang beberapa waktu lalu memberikan bantuan bagi korban bencana banjir dan longsor.

Kegiatan MoU ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban Rawung, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bitung, serta kepala Perangkat Daerah.

Rahmi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.