BNN Bolmong Sosialisasikan Program P4GN

0
44
Kepala BNN Bolmong AKBP Yuli Setiawan saat memberikan sambutan pada sosialisasi P4GN.

TNews, BOLMONG — Bersama PT. Pembangunan Perumahan (PP), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran  Gelap Narkoba (P4GN), di lokasi Site Proyek Waduk Pindol, di Kecamatan Lolak, Selasa (15/06/2021) .

Dikatakan Kepala BNN AKBP Yuli Setiawan, sosialisasi tersebut  dilakukan guna memberikan arahan terkait P4GN.

Saat ini kata dia, Indonesia dalam kondisi darurat di antaranya adalah darurat terorisme, darurat korupsi, dan darurat narkoba.

“Terkait darurat terorisme, yang diincar itu merupakan instansi-instansi dari polsek hingga pusat, serta mengenai darurat korupsi yang diincar merupakan lokasi-lokasi yang berpotensi untuk perpindahan, pun soal darurat narkoba yang diincar itu siapa saja,” kata Yuli di hadapan para karyawan PT. PP.

Lanjutnya, secara rinci mengenai permasalahan narkoba yang terjadi selama ini. Konsumsi narkoba bisa menyebabkan beberapa efek negatif. Diantaranya sebagai stimulan, memunculkan efek euporia dan sebagai efek depresan.

Bahkan, tingkat penggunaan narkotika di Bolaang Mongondow Raya (BMR) merupakan nomor 2 setelah kota manado pada tingkat Sulawesi utara (Sulut). Begitu juga harga narkotika yang minimal Rp 1,5 juta membuat bisnis narkotika sangat menarik di Indonesia.

“Dalam satu tahun angka narkotika yang masuk ke Indonesia sekitar 250 ton. Sedangkan yang ditemukan hanya sekitar 20-30 ton. Hal ini tentu membuat narkotika sangat membahayakan di Indonesia,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, jenis narkotika baru yang muncul akhir akhir-akhir ini yakni sebanyak 1054 jenis.

“Sedangkan yang baru masuk dalam Kementrian Kesehatan baru sekitar 74 jenis,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Staf BNN Bolmong, Resky Amelia menuturkan, peranan BNN dalam pemutusan dan pencegahan Suply dan Demand Narkotika di lingkungan begitu penting. Dimana, penegasan terkait fungsi dan tugas BNN dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika di sekitar.

“BNN juga menganjurkan program rehabilitasi terhadap orang-orang yang menggunakan obat-obatan dengan tingkat yang rendah seperti penggunakan lem dan obat batuk. Pemutusan serta pemberantasan narkotika terkait supply dan demand penggunaan obat-obat narkotika juga dilakukan. BNN juga terdiri atas berbagai macam elemen. Yakni keanggotaan ASN, kepolisian, dan militer,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Health Safety Environment (HSE) PT. Pembangunan Perumahan Construction dan investment, Johan Mirdadi, menjelaskan program P4GN terus dilakukan.

Dia menegaskan, bahwa pihak perusahan terus melakukan perang terhadap narkoba.

“Ini tujuan dilaksanakan sosialisas, agar kita terhindari dari bahaya narkotika,” katanya.

Usai sosialisasi BNNK Bolmong dan PT. PP Proyek Bendungan Lolak juga melakukan penandatangan MoU bersama terkait pembuatan media luar ruang dan gugus tugas antara BNN dengan PT. PP Proyek bendungan Lolak dalam rangka pencegahan penggunaan narkotika tingkat proyek sehingga menjadikan Perusahaan Bersinar (Bersih Narkoba).

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.