5.295Kg Beras Untuk Bantuan Korban Banjir Lolayan

0
33
5.295Kg Beras Untuk Bantuan Korban Banjir Lolayan
TOTABUANEWS, BOLMONG – Pasca bencana banjir 17 September lalu yang melanda empat desa di Kecamatan Lolayan. Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow Instruksikan untuk menyasalurkan bantuan beras.
Melalui Dinas Ketahan Pangan (DKP), Pemkab Bolmong menyalurkan bantuan beras sejumlah 5.295 Kg, dan telah disalurkan kepada 343 Kepala Keluarga (KK) penerima di Kecamatan Lolayan.
“Sesuai instruksi Bupati, DKP segera membantu masyarakat korban bencana tersebut lewat cadangan pangan pemerintah,” ungkap Kepala Bidang Ketersediaan dan Cadangan Pangan DKP Bolmong Drs Sofyanto, Minggu (8/10/2017).
Secara garis besar peruntukan cadangan pangan pemerintah ada dua jenis, yaitu secara sosial dan ekonomi. Secara sosial salah satunya seperti membantu masyarakat korban bencana alam dengan bantuan pangan.
“Wajib hukumnya Pemkab membantu masyarakat yang terdampak bencana seperti yang terjadi di Kecamatan Lolayan ini,” ujarnya.
Terkait persoalan pangan ini lanjutnya, sudah tertera pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 20 Tahun 2017 tentang pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah. Dimana ini tidak hanya korban bencana alam saja yang boleh disentuh dengan bantuan pangan pemerintah, tapi termasuk juga di daerah yang terindikasi kuat rawan pangan serta saat gejolak inflasi terjadi.
“Kedepan di tahun anggaran 2018 nanti kita akan usulkan agar cadangan pangan Pemkab ini bisa di tambah, karena mengingat fungsi cadangan pangan itu sendiri yang terlalu luas cakupannya,” tutupnya.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.