60 Ribu Anak di Kabupaten Bolmong Akan Miliki KIA

0
86
Disdukcapil Kotamobagu Pacu Penyaluran KIA

TOTABUANEWS, BOLMONG – Sebanyak 60 ribu anak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan mendapat Kartu Identitas Anak (KIA). Pasalnya, KIA akan di Launching dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong Iswan Gonibala mengatakan, pembuatan KIA sudah dimulai dari sekarang. Tapi untuk launchingnya belum.

“Kami masih mencari waktu yang tepat untuk Launching KIA. Yang pasti secepatnya kami akan lakukan itu,” ungkap Iswan, Selasa (26/6/2018).

Menurutnya, yang tidak wajib ktp-el mereka itu yang akan dibuat KIA. Karena pembuatan KIA adalah usia di bawah 17 tahun. Dan untuk Bolmong yang tidak wajib ktp-el sebanyak 60 ribu.

“Tapi pembuatan KIA akan kami prioritaskan kepada anak sekolah. Karena tahun depan, salah satu persyaratan masuk sekolah adalah memiliki KIA,” katanya.

Bagi pihak sekolah dari TK sampai SMA dimohonkan untuk bisa bekerjasama dalam program Pemkab Bolmong. Lanjutnya, dengan adanya KIA di Bolmong maka mempermudah pihaknya untuk mengetahui berapa banyak yang akan membuat ktp-el di bulan depan atau tahun depan.

“Kan, data anak sudah ada ke kami. Baik tanggal lahir, bulan, tahun, dll. Jadi kami bisa deteksi penambahan perekaman ktp-el di Bolmong,” terangnya.

Dirinya pun berharap, masyarakat atau para orang tua bisa bekerjasama dengan pemerintah dalam mensukseskan pembuatan KIA. Karena ini baru dimulai tahun ini di Bolmong.

“Saya harap masyarakat bisa proaktif. Kalau sudah waktunya buat ktp-el atau dokumen lainnya, harap segera mengurus ke Disdukcapil. Dan kami pun tetap akan melayani masyarakat, sebisa mungkin,” ucapnya.

Ditambahkan Iswan, KIA sama halnya dengan ktp. Kalau untuk orang dewasa, jika naik Pesawat harus menunjukan ktp-el. Nah begitu pun dengan KIA, ini mempermudah anak untuk mengetahui identitasnya.

“Dan mereka juga memiliki hak yang sama dengan orang dewasa. Kan, KIA adalah bentuk hak warga negara juga,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.