Antisiapasi Kekurangan Pangan Akibat Covid-29, Yasti Instruksikan Masyarakat Manfaatkan Lahan untuk Menanam

0
80
Yasti Soepredjo Mokoagow

TNews, BOLMONG — Guna mengantisipasi kekurangan pangan akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang berkepanjangan, Bupati Kabupaten Bolaang Mongodow (Bolmong) Yast Soepredjo Mokoagow, mengintruksikan seluruh masyarakat agar memanfaatkan lahan untuk menanam.

Hal itu sebagaimana diutarakat Bupati Yasti melalui surat Instruksi No : 19/SETDAKAB/HKM/IV/2020 tertanggal 13 April 2020.

Menurut Yasti, bahwa untuk mengantisipasi kekurangan pangan bagi masyarakat Bolmong akibat penyebaran Covid-19 yang berdampak jangka panjang nantinya. Untuk itu kepada seluruh Camat, Sangadi dan Lurah dan seluruh masyarakat Bolmong supaya menanam pangan. “Diharapkan agar menanam ubi jalar, talas, singkong, kentang, jagung, kacang tanah, kacang hijau, padi, sayuran, bawang, cabai serta rempah-rempah. Atau tanaman lain yang dapat dijadikan sebagai bahan mkakanan yang dapat dipanen paling lama tiga sampai empat bulan,” ungkap Bupati pada poin pertama dalam surat instruksi tersebut.

Sementara di poin kedua, tanaman pangan seperti yang tercantum diktum kesatu, agar ditanam di halaman rumah, di kebun atau di lahan yang tidak terpakai /lahan tidur atas izin pemilik lahan. “Camat dan Sangadi agar segera mengimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar menanam tanaman pangan untuk mengantisipasi kekurangan pangan,” katanya dalam poin ketiga.

Sementara di poin keempat, Bupati mengintruksikan agar camat melaporkan pelaksanaan instruksi Bupati tersebut melalui Sekda Bolmong Tahlis Gallang setiap pekan, atau setiap hari Jumat.

Di poin kelima, seluruh masyarakat wajib melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 sebagaiman yang dianjurkan pemerintah.

Poin keenam, agar semua stakeholder melaksanakan instruksi Bupati tersebur dengan penuh tanggung jawa. “Intruksi ini mulai berlaku sejak tanggal yang ditetapkan yakni 13 April 2020. Maka dari itu saya berharap agar dieprhatikan dan dijalankan sesuai instruksi,” tutur nya pada poin ketujuh.

 

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.