Aplikasi Terbaru Pemkab Bolmong, Uji Coba Rapat Melalui Online

0
107
Diskominfo Bolmong saat melakukan uji coba aplikasi zoom rapat OPD melalui online.

TNews, BOLMONG — Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Guna mengantisipasi penyebaran virus yang meresahkan berbagai negara di dunia termasuk Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong)  telah mempersiapkan perangkat teleconference atau aplikasi terbaru untuk rapat online jika nantinya mulai diterapkan work from home (bekerja dari rumah) bagi ASN.

Teleconference di lingkup Pemkab Bolmong sendiri diketahu, mulai di ujicoba oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolmong, Jumat (20/03/2020).

Teleconference atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh, atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.

Dalam uji coba teleconference berlansung dengan beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Kepala Bagian (Kabag) di Sekretariat Daerah (Setda), Camat dan salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, Rafan Mokoginta sebagai Pemateri Pengadaan Barang Jasa. “Iya, nantinya kami akan memakai aplikasi zoom untuk melakukan rapat online. Hari ini, kami melakukan uji coba dengan beberapa pimpinan OPD, para Kabag yang ada di lingkungan setda, camat dan Pak Rafan yang berada di Kotamobagu. Alhamdullilah, uji coba teleconference dengan lokasi yang berbeda berjalan lancar,” ungkap Kepala Diskominfo Parman Ginano.

Parman menjelaskan, hal itu merupakan satu diantara upaya pihaknya dalam memutuskan mata rantai Covid-19 dan menerapkan sosial distancing. Menurutnya, aplikasi ini sangat tepat untuk digunakan, sehingga dengan adanya teleconference pertemuan atau rapat-rapat dengan melibatkan banyak orang secara langsung dapat diminimalisir. “Ini bagian dari cara kita melakukan sinkronisasi dan harmonisasi seluruh program yang akan kita pakai dalam kondisi darurat,” ujar Parman yang turut didampingi Kabid Penyelenggaraan e-Goverment, Andri Mamonto.

Lebih jauh Ginano menjelaskan, diadakannya teleconference ini juga untuk mendapatkan informasi terkait program dan kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing OPD. “Dengan adanya teleconference ini, menjadi salah satu solusi bagi para pimpinan OPD dalam membangun komunikasi dengan para staf  ketika ASN harus bekerja dari rumah,” bebernya.

Sementara itu, Camat Passi Barat Marief Mokodompit sangat mengapresiasi terobosan terbaru Diskominfo menyiapkan aplikasi teleconference guna mempermudah berbagai kegiatan pemkab agar dapat terhindar dari Virus Corona. “Atas nama Pemcam Passi Barat, sangat mengapresiasi terobonasn Diskominfo dalam mempermudah akses informasi dengan kecamatan terjauh dari Ibu Kota Lolak,” ucap Mokodompit melalui pesan Whats App.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.