Bappeda Gelar Rapat Persiapan Musrembang RKPD Tahun 2021

0
39
Kepala Bappeda saat memimpin rapat persiapan Musrembang Desa dan Kecamatan.
Loading...

TNews, Bolmong – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaabupaten Bolmong menggelar rapat dalam rangka persiapan serta pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa dan Kecamatan Rencana Kerja Pemrintah Daerah (RKPD) Tahun 2021.

Rapat tersebut dipimpin langsung Kepala Bappeda Yarlis Hatam, turut dihadiri seluruh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan , Selasa (14/01/2020) di ruang rapat, Kantor Bappeda, di Lolak.

Menurut Yarlis, rapat persiapan Murembang Desa dan Kecamatan kali ini dilakukan dalam rangka untuk rangka untuk menyusun RKPD Kabupaten Bolmong  Tahun 2021 mendatang. “Dalam rapat kali ini, kita meminta Pemerintah Kecamatan untuk dapat membentuk panitia Musrembang di tingkat Kecamatan maupun Desa,” ungkapnya.

Lanjutnya, hasil musrembang nantinya akan menjadi bahan penyusunan Rencana kerja (Renja) perangkat daerah, dengan mengacu pada Recana Strategis (Renstra) perangkat Daerah. “Ya semua harus mengacu pada Renja dan Renstra,” beber Yarlis.

Dia menambahkan, ketika pemerintah menetapkan kegiatan Musrembang, hal itu dilakukan sebagai sarana untuk melibatkan masyarakat dalam perencanaan pembangunan di daerah. Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan sinkronisasi, integrasi dan koordinasi antar tingkat pemerintahan, antar waktu, antar sumber dana dan antar wilayah serta harus melibatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan, melalui forum Musrembang itu sendiri. “Musrembang Kecamatan dan Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan, stakeholder di tingkat kecamatan guna untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrembang Desa,” tutup pejabat transferan dari Pemkot Kotamoagu ini.

 

Imran Asiaw

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.