Belum Semua LSM Terdaftar di Kesbangpol Bolmong

0
97
Djek Damopolii - Kepala Kesbangpol Bolmong

TOTABUANEWS, BOLMONG – Keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Dari 15 Kecamatan hanya dua Kecamatan yang telah memasukan data LSM. Yaitu Kecamatan Dumoga dan Dumoga Timur.

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol, Djek Damopolii dari dua kecamatan yang memasukan data LSM hanya satu, yang memiliki data. Sedangkan kecamatan Dumoga Utara kosong. Padahal ia sudah menyurat ke 15 kecamatan, seminggu setelah dia menjabat sebagai Plt di Kesbangpol agar segera memasukan data jumlah LSM di tiap wilayah.

“Untuk data pemasukan nama LSM dari tiap kecamatan tidak memiliki batas waktu. Kapan pun dari pihak kecamatan akan memasukan jumlah LSM, maka mereka siap,” ungkap Djek diruang kerjanya, Kamis (22/2/2018).

Hal itu dilakukan, agar pihaknya bisa mengetahui berapa banyak LSM yang berada di bolmong. Dan juga memiliki kantor atau tidak. Jika pun mereka tidak memiliki kantor, maka dari pihaknya akan memberikan pembinaan. Kalau bisa dibuat kantor.

“Tapi jika mereka sudah ada dana. Karena kami tidak bisa memaksa. Karena kami adalah mitra kerja,” jelasnya.

Untuk syarat LSM lanjutnya, harus memiliki Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART). Kalau tidak ada itu ya tidak bisa. Tambahnya, untuk saat ini sudah mendapatkan informasi bahwa ada LSM yang mencari-cari keuntungan. Dengan menakuti-nakuti pemerintah desa dan ujung-ujungnya meminta uang.

“Tapi untuk datanya kami belum punya. Tapi kami akan telusuri itu. Jangan-jangan itu benar. Makanya saya akan mendata LSM di sini,” bebernya sembari menambahkan, kalau LSM tidak ada bantuan.

Dan ia pun berharap, agar LSM bekerjasama dengan pemerintah untuk memberikan informasi yang benar dan jelas.

“Memang kami belum memasukan data ke kecamatan. Tapi tetap akan kami masukan. Agar tedaftar sebagaI LSM di Bolmong. Untuk informasi ada LSM yang menakut-nakuti pemerintah desa, saya tidak bisa membantah. Karena jika ada informasi seperti itu, maka pasti ada. Tapi kalau kami tidak,” tambah salah satu LSM Ahmad yang bertemu di Pasar Lolak.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.