Berhasil dalam Program Kampung Iklim, 9 Desa di Bolmong Terima Penghargaan

0
35
Gambar : Berhasil dalam Program Kampung Iklim, 9 Desa di Bolmong Terima Penghargaan, (1/12/2023).

TNews, BOLMONG – Atas keberhasilan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Utama dan Pratama dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia, Sembilan Sangadi (kepala desa) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima piagam penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Provinsi Sulawesi Utara.

Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Pj Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit, bertempat di Kantor Kecamatan Dumoga Tengah, Jumat 1 Desember 2023.

Melalui kesempatan itu, Pj Bupati Limi yang juga selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini mengatakan, perubahan iklim atau yang dikenal dengan Climate Changes merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi secara alamiah.

“Ia juga merupakan dampak dari aktivitas manusia dimana sejak dimulainya revolusi industri hingga sekarang ini, telah menyebabkan terjadinya perubahan suhu udara secara global, yang menyebabkan terjadinya anomali iklim seperti fenomena El-Nino dan La-Nina penurunan atau peningkatan suhu udara secara ekstrim, curah hujan dan musim bergeser dari pola biasanya yang tidak menentu sehingga mengancam kehidupan manusia,” kata Limi.

Dikatakannya, program kampung iklim telah ditetapkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis masyarakat. “Ini adalah langkah strategis pemerintah dalam membumikan issu global perubahan iklim menjadi aksi bersama ditingkat lokal,” jelas Bupati.

Sementara, Balai Pengendalian Perubahan Iklim Dan Kebakaran Hutan Dan Lahan Wilayah Sulawesi, yang diwakili Kepala Seksi Wilayah III-Manado, Hambali Mokoagow, menjelaskan terkait fungsi pengawasan iklim nasional melalui istansinya.

“Kami masih baru di sini, sekilas untuk organisasi berdiri di tahun 2016, baru di bulan Februari tahun kemarin kami dipecah untuk Sulawesi Utara dan Gorontalo. Dan diberikan satu pejabat eselon untuk membawahi setingkat seksi dan itu satu pekerjaan yang bagi Saya bukan pekerjaan berat tapi pekerjaan mulia karena sebagai ASN kami adalah pelayan masyarakat,” ucapnya.

“Kategori Proklim adalah hal yang dasar yang dikerjakan masyarakat. Dan ini sebenarnya adalah program PKK. Karena PKK isinya banyak ibu-ibu rumah tangga, kalau ibu-ibunya bagus maka negara akan kuat,” pungkas Hambali menambahkan.

Turut hadir pada kesempatan itu, Sekertaris DLH Provinsi Sulut, Dra. Feibe Rondunuwu, MSi., Asisten I Pemda Bolmong, para Camat dan Sangadi, serta sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Berikut nama-nama desa penerima penghargaan piagam Proklim dari DLH Provinsi.

1. Werdhi Agung Selatan
2. Pinonobatuan
3. Pinonobatuan Barat
4. Kopandakan 2
5. Ponompiaan
6. Ibolian
7. Matayangan
8. Tapadaka Utara
9. Mopait.*

Reporter : Gian Gumogar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.