Bidang Produksi Perternakan Bolmong Periksa Kesehatan Fisik Hewan Kurban

0
39

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Bidang Produksi Perternakan besok, Selasa (21/8/2018). Akan melakukan pemeriksaan fisik hewan kurban yang akan digunakan pada Idul Adha, Rabu (22/8/2018).

Mohamad Samsudin S Pt ME Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perternakan, mengatakan. Hewan kurban sebelum disembeli pada Rabu nanti, akan diperiksa kesehatannya.

“Kami akan melakukan pemeriksaan fisik ke hewan kurban besok hari (Selasa), hewan yang akan diperiksa itu yakni hewan kurban yang telah disumbangkan para donatur ke Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bolmong, dan bertempat di Kantor Bupati,” ujar Samsudin, Senin (20/8/2018).

Dijelaskannya. Pemeriksaan hewan kurban rutin dilakukan setiap tahun, mengingat hewan yang disembelih tersebut akan dikomsumsi para wajib penerima daging kurban.

“Ini perlu dan sudah kaidah agama, dikarenakan setiap hewan kurban itu harus sehat dan tidak cacat, maka perlu pemeriksaan kesehatan juga fisik hewan tersebut,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan fisik hewan kurban katanya, secara menyeluruh untuk wilayah bolmong, pihaknya telah berkordinasi dengan PPL dan juga menurunkan petugas dari pertenakan.

“Kami kekurangan petugas dari Bidang Pertenakan, tapi itu bukan menjadi kendala juga karena untuk 15 Kecamatan di bolmong sudah berkoordinasi penyuluh dan semua petugas di bidang saya dilibatkan ke masing-masing kecamatan, dipastikan semua wilayah dapat diperiksa kesehatan hewan kurban,” katanya.

Ditambahkannya, jika ada hewan kurban yang didapat mengalami kekurangan fisik dan tidak sehat. Pihak Bidang Produksi Perternakan ini akan merekomendasikan hal tersebut.

“Jika ditemui di lapangan ada hewan tidak sehat berupa hati hewan ataupun cacat fisik, maka akan direkomendasikan ke panitia pelaksana,” tukasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.