BPBD Bolmong Tahun Depan Rekrut Personil

0
48
BPBD Bolmong Rekrut Masyarakat Jadikan Mitra TRC-PB
TOTABUANEWS, BOLMONG – Tingkatkan kewaspadaan terjadinya bencana alam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) di tahun depan akan menambah personil relawan dan mitra Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB).
Hal tersebut dikatakan, Kepala BPBD Bolmong, Channy Wayong untuk perekrutan relawan TRC-PB ini, nantinya akan difungsikan menjadi agen kemanusiaan di setiap desa yang ada di Bolmong.
“Mitra atau relawan TRC ini dilatih untuk mengkaji secara cepat tentang cakupan bencana dimasing-masing wilayah, sehingga laporan yang masuk Ke Pusdalops melalui Call Center sudah valid datanya dan akan mempermudah pendistribusian bantuan maupun mobilisasi peralatan sesuai kebutuhan dilapangan, ujar Channy, Jumat (15/12/2017).
Lanjut Channy, untuk meningkatkan sumber daya anggota mitra TRC-PB, pada beberapa waktu lalu pihaknya sudah memberikan pelatihan.
“Tujuan pelatihan, yakni ketika terjadi bencana atau musibah, para anggota mitra TRC sudah memiliki kemampuan dasar untuk penyelamatan dan evakuasi korban,”katanya.
Sampai saat ini, pihak BPBD Bolmong baru merekrut mitra TRC yang ada di Kecamatan Sangtombolang.
“Tahun depan kami akan melakukan penambahan. Kalau memungkinkan seluruh wilayah Bolmong. Selain itu juga, kami akan terus menggelar soisalisasi serta pencegahan bencana,” katanya.
Dirinya juga menghimbau bagi masyarakat Bolmong, khususnya yang tinggal dilokasi rawan bencana agar selalu waspada dan berhati-hati dengan cuaca saat ini yang sering berubah-ubah.
“Kami selalu memberi penyadaran dan pemahaman ke masyarakat akan kesiapan diri jika bencana terjadi. Ada baiknya juga, warga jangan tinggal di area rawan longsor serta lokasi rawan bencana lainnya. Pemerintah tidak kerja sendiri, butuh partisipasi masyarakat untuk peduli, karena kapan saja bencana bisa terjadi,”tutup Channy.‎
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.