BPBD Tingkatkan Kapasitas Relawan Desa

0
41
BPBD Tingkatkan Kapasitas Relawan Desa
Channy Wayong
TOTABUANEWS, BOLMONG – Sebagai upaya memberikan pemahaman masyarakat tentang penanggulangan bencana, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (17/11/2016), mengelar sosialisasi kepada Relawan Desa.
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Perikanan (BP4K) Bolmong, dengan tema: “Peningkatan Kapasitas Relawan Desa Dalam Penanggulangan Bencana”, dan dibuka Asisten III Bidang Administrasi dan Pembangunan Pemkab Bolmong, Dra Hj Ulfa Paputungan MM, yang mewakili Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmong, dengan narasumber diantaranya Kepala Dinkes dr Ir Rudianwan, Kepala Dinsos Lutfi Limbanadi SH, Kepala BPBD Ir Hj Channy Wayong ME, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Bolmong.
Agena ini, diikuti relawan dari Desa Pangi Timur, Desa Pangi, Desa Pasir Putih, Desa Domisil Moonow dan Desa Batu Merah.
Dalam sambutannya, Dra Hj Ulfa Paputungan MM, menghimbau kepada masyarakat melalui para Relawan Desa untuk selalu meningkatkan kewaspadaan bila terjadi bencana
“Sebagai relawan yang bertanggung jawab terhadap kejadian bencana di desa, diharapan untuk selalu berkoordinasi dengan pihak terkait,” katanya.
Sementara itu, Kepala BPBD Bolmong Ir Hj Channy Wayong ME, dalam sambutannya mengingatkan kepada para relawan desa tentang tugas dan fungsi relawan sebagai ujung tombak di desa dalam penanggulangan bencana.
“Diharapkan relawan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam pencegahan ataupun penanganan awal bencana sebelum datangnya bantuan ataupun penanganan dari instansi pemerintah maupun swasta,” kata Wayong.
Menurutnya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanganan bencana dan memberikan pemahaman tentang cara menghadapi bencana.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.