Bupati Bolmong: Dana Desa Bukan Milik Pribadi

0
146
Tim SBM-JiTu Terbentuk, Salihi: Mari Bekerja Dengan Tulus
Salihi Mokodongan

TOTABUANEWS, BOLMONG  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Senin kemarin, menggelar sosialisasi pengelolaan Dana Desa.

Agenda yang dibuka Bupati Hi Salihi Mokodongan itu, dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, Kajari Kotamobagu Dasplin SH MM, Sekda Drs Ashari Sugeha, staf ahli, Assisten I Drs Chris Tito Kamasaan MM, seluruh pimpinan SKPD, para Camat, Sangadi, tenaga ahli kabupaten serta pendamping desa.

Kegiatan yang diselenggarakan di Rahmadina Hall, Kecamatan Lolak ini, bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada sangadi dan perangkat desa tentang teknis pengelolaan dana desa tahun anggaran 2016, sekaligus untuk mengetahui kesiapan setiap desa di Bolmong, dalam melaksanakan dan mengelola dana desa.

Bupati dalam sambutaanya menekankan sejumlah hal penting.

“Dana Desa merupakan faktor penunjang mengurangi kemiskinan, kepada pengelola agar menggunakannya sesuai aturan dan ketentuan, serta memperhatikan kearifan lokal,” kata Bupati.

Lanjutnya, dana desa bukan milik pribadi atau perorangan, penggunaannya harus transparan dan akuntable, serta harus melibatkan seluruh perangkat dan masyarakat desa itu sendiri.

“Kepada Sangadi dan perangkat desa, dalam mengelola dana desa harus berdasarkan Permen Desa dan PDT, Nomor 21 tahun 2015, tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2016, serta harus memperhatikan tipologi desa,” ujarnya.

Bupati menegaskan kepada sangadi dan perangkat desa dalam mengelola Dana Desa tetap memperhatikan Permendagri Nomor 13 Tahun 2012 tentang Monografi desa dalam perencanaan pembangunan desa.

“Kepada para camat diharapakan selalu memberikan arahan, tuntunan sekaligus mengawal pengelolaan Dana Desa, agar berjalan lancar dan tidak menyimpang dari aturan dan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.