Bupati dan Jajaran OPD Bolmong Laksanakan Safari Ramadan di Wilayah Dumoga

0
60

TOTABUANEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (29/5/2018) melaksanakan Safari Ramadan Buka Puasa Bersama di Desa Bonawang, dan dilanjutkan dengan Safari Ramadan Sholat Isya, Tarawih dan Witir Bersama dengan Pemerintah dan Masyarakat Desa Toruakat Kecamatan Dumoga.

Bupati Bolmong dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Jajaran pemerintah dan masyarakat Kecamatan Dumoga khususnya Pemerintah dan masyarakat Desa Toruakat. “Atas pelaksanaan Sholat Tarawih bersama, selaku pribadi, keluarga serta atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1439 H, semoga kita semua tetap diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga dapat melaksanakan Ibadah Puasa sampai dengan tanggal 29 Ramadhan nanti,” ujar bupati dalam sambutannya.

Dihadapan masyarakat Desa Toruakat, srikandi bolmong ini, menyampaikan bahwa tahun ini janji kampanye Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Yanni Ronny Tuuk, perlahan-lahan mulai dilaksanakan antara lain dengan pemberian insentif kepada para pemuka agama, yaitu sebesar Rp200 ribu setiap bulannya dan dibayarkan tiap satu triwulan.

“Tahun depan saya akan menaikkan insentif bagi para pemuka agama di bolmong menjadi Rp300 ribu setiap bulannya. Selain itu, terkait dengan janji pada saat kampanye yaitu pemberian seragam gratis bagi anak sekolah tahun ini mulai dianggarkan yaitu pada Bulan Juli 2018 nanti, tetapi diprioritaskan dulu untuk siswa-siswi SD dan SMP yang akan memasuki kelas 1 SD dan Kelas 1 SMP karena anggaran pendidikan tahun 2018 ini sudah melebihi dari ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) tentang sistem pendidikan nasional yaitu sudah sebesar 23 persen dari APBD Bolmong tahun anggaran 2018,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga menambahkan bahwa tahun ini, juga akan dibangun Puskesmas Rawat Inap di Desa Pusian yang anggarannya bersumber dari APBD 2018 sebesar Rp12 miliar, sehingga puskesmas rawat jalan yang ada saat ini di Desa Pusian statusnya akan naik menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Bolmong juga memberikan bantuan Pakaian Sholat berupa Baju Koko dan Kain Sarung untuk Imam dan Pegawai Syar’i laki-laki dan Mukena untuk Pegawai Syar’i Perempuan serta Santunan dari PT Conch North Sulawesi Cement kepada anak yatim piatu di Desa Toruakat.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan di Desa Toruakat, dihadiri oleh Camat Dumoga, Kapolsek Dumoga-Dumoga Timur, Danramil Dumoga-Dumoga Timur, Para Sangadi, Perangkat Desa serta Tokoh-Tokoh Agama, Tokoh  Masyarakat se-Kecamatan Dumoga. Dalam kegiatan tersebut juga menampilkan Puisisasi Al-Qur’an dan persembahan Group Qasidah dari MTs Yayasan Pendidikan Al-Ma’arief Toruakat Kecamatan Dumoga.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.