Cadangan Beras di Bolmong Masih Aman

0
48
Cadangan Beras di Bolmong Masih Aman

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memastikan untuk sementara cadangan pangan tahun 2017 yang berjumlah 15 ton masih aman.

“Sementara ini cadangan pangan, masih aman namun, sudah ada delapan desa yang memasukan permintaan. Saat ini bantuan tersebut sudah siap untuk disalurkan, tinggal menunggu keluarnya Peraturan Bupati (Perbup),” ujar Kepala DKP Bolmong Imi Manangin, Jumat (26/8/2017).

Dirinya menambahkan, biasanya desa-desa yang terlebih dahulu memasukan permohonan bantuan ke DKP Bolmong merupakan desa pinggiran dan terisolir, yang jarak menuju kepasar sangat jauh.

“Yang berhak mendapat bantuan ini adalah keluarga miskin yang di data oleh pemerintah desa setempat. Desa tersebut antara lain, Desa Pomoman, Desa Tanjung Mariri, serta Desa Kolingangaan. Itu wajar dibantu karena untuk memenuhi kebutuhan pangan, warga desa-desa ini hanya berharap dari pasar. Masih ada juga bantuan untuk desa rawan, yang sesuai hasil survey berada di Kecamatan Sangtombolang,” jelasnya.

Untuk cadangan pangan tahun ini mengalami peningkatan karena pada tahun 2016 silam hanya 13 ton. Hal ini dikarenakan ada penambahan anggaran.

“Cadangan pangan 13 ton tahun lalu habis. Malahan minta tambah cadangan pangan dari pihak provinsi. Sedangkan untuk tahun 2018 mendatang kelihatannya akan ada penambahan kembali,” terangnya.

Sampai saat ini, kata Manangin. Pihaknya saat ini belum mempunyai gudang untuk menampung cadangan pangan tersebut.

“Rencananya jika anggaran sudah ada akan dibangun gudang penampung yang berlokasi disamping kantor DKP, untuk sementara ini masih ditampung digudang milik pihak ketiga,” pungkasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.