Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Gabungan Gugus Tugas Pemkab Bolmong Periksa Kesehatan Para Pekerja di PT Conch

0
237
Tim Gabungan Gugus Tugas Pemkab Bolmong saat memantau para Pekerja di PT Conch.

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga saat ini terus berupaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2029 atau (Covid-19) yang kian meresahkan berbagai negara di dunia.

Tak terkecuali di PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC) di Kelurahan Inobonto I, Buktinya, Kamis (26/03/2020) kemarin, sekira pukul 14.00 wita, tim gabungan gugus tugas Covid -19 Bolmong turun langsung melakukan pemantauan aktivitas serta memeriksa kesehatan para pekerja di perusahan semen asal China itu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, Erman Paputungan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Yusuf Detu, pihaknya memantau dan melihat langsung aktivitas di pelabuhan PT Conch. “Para TKA dan pekerja lokal kami melihat aman dari penyebaran Covid-19,” kata Detu.

Dia menambahkan, kesehatan TKA dan Tenaga Lokal dapat dijamin aman, sebab PT Conch juga melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan SOP perusahaan. “Perusahaan para TKA tidak diizinkan keluar masuk dari perusahaan, dan setiap saat mereka diperiksa kesehatan baik suhu badan dan perusahaan lakukan penyemprotan desinfektan,” jelasnya.

Senada dijelaskan Asisten I Bolmong Deker Rompas, tim gugus tugas Bolmong yang turun memantau di PT Conch itu diantaranya, DPRD Kabupaten Bolmong yang diwakili dua anggota DPRD  Supandri Damogalad,Fazal Al’ Ghazali, Kepala kantor Imigrasi Kls III Kotamobagu, Pos TNI AL Labuan Uki, Kepala Kantor KKP Labuan Uki, Kepala KUPP Kelas III Labuan Uki, Camat Lolak, Camat Bolaang,  Kapolsek Lolak, Kapolsek Bolaang, Danramil Lolak, Sat Pol-PP, Lurah Inbonto I, Dinkes, Kepala Puskesmas Lolak dan Kepala Puskesmas Inobonto. “Iya, kami dijemput oleh Managemen PT Conch di pintu masuk atau pos penjagaan, saat kami dipintu saja diwajibkan gunakan masker standar, selanjutnya dilakukan test suhu badan, penyemprotan disinfektan baik anggota tim maupun kendaraan yang masuk,” tutur Deker.

Selanjutnya, dirinya bersama tim lainnya dan pimpinan PT Conch memantau dermaga atau pelabuhan. “Memang sesuai penjelasan dari pihak PT Conch, perusahan telah melakukan upaya antisipasi terhadap Covid-19 ini,” tegasnya.

Lanjutnya, pihak PT Conch melarang keluar daerah terutama bepergian antar daerah dan propinsi bagi karyawan dan kebijakan ini berlaku dilakukan dua minggu lalu. “Semua  karyawan diwajibkan tinggal dalam  mess. Sedangkan bagi karyawan yang keluar, setelah masuk wajib test suhu badan serta disemprot disinfektan,” ungkap Deker.

Tak hanya itu, semua tamu perusahaan termasuk sopir angkutan barang yang masuk wajib mematuhi SOP perusahaan. “Untuk dermaga kapal dan ABK itu kewenangan dari KKP Labuan Uki, dan sesuai penjelasan dari mereka telah melakukan pemeriksaan SOP yang ada,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kerja Labuan Uki I Komang Ardika AMD Kep, mengatakan bulan ini ada tiga kapal asing yang berlabuh di pelabuhan PT Conch, yakni dua kapal asing Pilipina dan satu dari Australia. “Sebelum kapal berlabuh, kami lakukan pemeriksaan kesehatan kru kapal berupa pemeriksaan suhu badan dan kapal di desinfektan. Selain itu, ABK TKA tidak diperkenankan turun dari atas kapal, sedangkan buruh darat yang naik ke atas kapal dibatasi hanya di bagian Palka serta wajib menggunakan APD yang disiapkan perusahan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Bolmong Supandri Damogalad berharap, pihak perusahan untuk dapat melaporkan aktivitas di Pelabuhan kepada Pemerintah, terutama ketika ada kapal masuk kiranya dapat  melakukan giat bongkar muat. “Saya minta kapal yang masuk agar dapat melibatkan pemerintah, aparat keamanan untuk memantau aktivitas ABK kapal,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.