Cuaca Buruk Masyarakat Bolmong Rentan Terkena Sejumlah Penyakit

0
51
Awal Juni Rumah Sakit RSUDB Mulai Action
dr. Sahara Albugis

TOTABUANEWS, BOLMONG – Kondisi cuaca saat ini yang tak menentu, akibatkan perkembangan jentik nyamuk Deman Berdarah Dengue (DBD) di sejumlah wilayah Bolmong, selain itu juga adanya banjir akan menyebabkan masyarakat rentan akan diare, ISPA dan Malaria.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Dr Sahara Albugis MPHM, mengatakan, dengan kondisi pergantian musim seperti saat ini, ditambah lagi kondisi hujan yang terus turun kurung waktu sepekan ini masyarakat bolmong rentan akan sejumlah penyakit.

“Biasanya jika ada banjir dan tergenangnya air di pemungkiman warga, maka penyakit yang bisa di dapatkan warga itu seperti diare, malaria, DBD dan ISPA, itu sudah ditangani oleh instansi kami, akan tetapi bisa meresahkan warga, apalagi disaat kondisi seperti ini,” ujar Albugis, Kamis (8/2/2018).

Pihak Dinkes pun hingga saat ini, terus melakukan monitoring sejumlah puskesmas di bolmong.

“Memang sampai saat ini belum ada laporan, akan tetapo kami akan terus lakukan kajian dan monitoring wilayah,” katanya.

Untuk penyakit DBD sudah ditangangi oleh Dinkes Bolmong, seperti kasus bukan Kejadian Luar Biasa (KLB) yang berada di wilayah Mopuya.

“Ada kasus di Puskesmas Mopuya laporan sudah masuk, dan tim sudah melakukan survei lapangan titik penyebaran jentik nyamuk dengan radius beberapa kilometer, minggu keempat ada empat kasus tapi semua sudah ditangani dengan dilakukan rujuk ke Rumah Sakit (RS) dan mereka sudah sehat kembali,” tukasnya.

Kepala Dinkes Bolmong, berharap agar masyarakat bisa menerapkan hidup bersih, misalnya dengan melakukan langkah pencegahan perkembangbiakan jentik nyamuk.

“Hindari menggantung baju saat musim hujan seperti ini, bilas bak air mandi setiap saat, bersihkan tong atau genangan air, karena jentik nyamuk cepat berkembang jika kondisi adanya genangan air,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.