Dana Desa di Bolmong Dicairkan Pertengahan Maret

0
140
Ahmad Yani Damopolii.

TNews, BOLMONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menargetkan proses pencairan Dana Desa (Dandes) tahun 2021 dicairkan pertengahan Bulan Maret ini.

Dengan begitu, diharapkan proyek pembangunan yang ada di tiap desa di 15 Kecamatan segera dilaksanakan.

Menurut Kepala DPMD Ahmad Yani Damopolii, dandes akan dicairkan untuk 200 desa se Bolmong.

“Kita usahakan pertengahan maret ini dandes sudah dicairkan,” kata Damopolii, Selasa (02/03/2021) saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia mengatakan, total keseluruhan dandes di 200 desa se Bolmong berjumlah Rp 161.562.494.00.

“Untuk proses pencairan, tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen,” tuturnya.

Di sisi lain kata dia, dimasa pandemi Covid-19 untuk tahun 2021 ini, setiap tahapan pencairan dandes akan dikurangi dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin penerima manfaat sesuai data yang telah dimusyawarahkan masing-masing desa.

“Iya, setiap tahapan harus dikurangi dengan BLT,” ujarnya.

Hal itu jelas Damopolii, mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no 22 tahun 2020 tentang pengelolaan dandes tahun 2021 serta Peraturan Menteri Desa (Permendes) no 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaaan dandes tahun 2021.

“Penyerahan BLT dandes sesuai PMK dan Permendes,” ucapnya.

Sementara kata dia, persyaratan untuk pencairan dandes tahap pertama tiap desa itu harus menyiapkan Anggaran Pendapatan Belanja desa (APBdes) tahun 2021 dan Rencana Kerja Pemerintahn desa (RKPdes), kemudian daftar penerima manfaat BLT tahun 2021.

“Nanti ditahap kedua baru tiap desa wajib memepresiapkan realisasi pelaksanaan dandes tahun 2020 untuk proses pencairan. Intinya pencairannya tahap pertama tahun 2021 ini adalah APBdes, RKPdes dan daftar penerima manfaat BLT, ” tegasnya.

Untuk itu pihaknya mengimbau, kepada seluruh Kepala Desa (Sangadi-red), agar supaya tidak terlambat pada proses pencairan tahap pertama tahun 2021 ini.

“Makanya para sangadi segera  mepersiapkan APBdes, RKPdes maupun daftar penerima BLT,” ungkap Damopolii.

 

Imran Asiaw

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.