Desa Otam Lestarikan Perayaan Kuli’pot

0
73
Desa Otam Lestarikan Perayaan Kuli’pot
TOTABUANEWS, BOLMONG — Pemerintah Desa Otam Bersatu Kecamatan Passi Barat, akhir pekan lalu , menggelar perayaan Koli’pot (Kerukunan Umat In Lipu Ponobatu Kon Totabuan) yang dirangkaikan dengan halal bi halal.
Acara yang diselengarakan bernuansa kental islami ini, selain dihadiri ribuan warga, juga dihadiri anggota Dekab Bolmong, Thamrin Mokoginta, Ketua PHBI Otam Sofyan Manggalumpang, perangkat desa, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda.
Sangadi Desa Otam, Rusli Manggalupang memberikan apresiasi kepada seluruh warga Desa Otam telah menyelengarakan kegiatan ini setiap tahun. “Acara seperti ini, sangat dibutuhkan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga,” ungkap Manggalupang.
Ia juga berharap, perayaan koli’pot tersebut terus dilestarikan. “Kami selaku pemerintah selalu mendukung kegiatan yang seperti in. Sehingga kami akan bermusyawarah dengan seluruh elemen masyarakat, agar perayaan kuli’pot ini bisa di Perdes-kan,” ujarnya.
Sementara itu, Dani Pontoh selaku penceramah dalam kegiatan tersebut menekankan, agar umat beragama khususnya muslim, harus terus memelihara hubungan silaturahmi. “Acara halal bi halal seperti ini, harus lebih ditingkatkan untuk mempererat tali silaturahmi,” kata Pontoh.
Ia juga meminta, agar umat beragama senantiasa memelihara toleransi. “Pebedaan itu indah. Perbedaan adalah rahmat dari Allah SWT. Jadi mari kita saling menghormati perbedaan tidak perlu mempermasalahkan apalagi memperbesar perbedaan,” katanya.
Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Kolipot Desa Otam, Riki Adampe menuturkan, penyelenggara kegiatan tersebut murni dari dana swdaya masyarakat. “Anggarannya adalah murni swadaya masyarakat,” ujarnya.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.