Dikelola Manajemen Baru, PT BDL Diterima Masyarakat

0
149
Lomba Monuntul di Bolmong yang disponsori oleh PT BDL

TNews, BOLMONG – PT Bulawan Daya Lestari (BDL), perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan mineral logam emas, diketahui saat ini sudah beralih ke managemen baru.

Sepak terjang dari managemen baru ini pun ternyata sudah sangat berdampak positive bagi masyarakat lingkar tambang. Betapa tidak, sejak peralihan 100 persen saham PT BDL, kepada pemilik baru yang dinahkodai oleh Direktur Utama (Dirut) Ir Bach Adrianus Tinungki, M. Eng, sudah beragam bantuan dan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarkat lingkar tambang.

Tinungki saat diwawancarai awak media mengatakan, memang belakangan ini ada beragam isu miring yang menimpa  managemen baru  PT BDL.

Namun, semua itu hanyalah kerikil kecil untuk menuju ke Perusahaan yang lebih professional dan yang paling penting bertujuan untuk mensejahterkan masyarakat serta miningkatkan perekonomian warga.

“Saat ini saya tegaskan kami sebagai managemen yang baru sudah tidak ada lagi permasalahan dengan pihak manapun. Jika ada pihak yang berupaya mengusik kami, itu hanyalah perbuatan dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang hanya ingin merusak hubungan baik antara masyarakat dan perusahaan yang saat ini sudah terjalin baik dan harmonis.” kata Tinungki.

Lanjut Tinungki, Semua persyaratan administrasi  sudah kami lengkapi dan ajukan ke Kementrian Lingkungan Hidup. “Intinya kami tinggal menunggu keputusan dari pemerintah pusat, untuk melanjutkan kegiatan kami,” tandas Tinungki.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda Desa Mopait, Ichsan Tongkukut, mengatakan ketika PT BDL sudah beralih ke managemen yang baru, mereka sudah beberapa kali melakukan sosialisasi di desanya.

Menurut Ichsan, sudah banyak bantuan yang diserahkan kepada desanya. “PT BDL yang baru ini, sudah banyak berkontribusi langsung di desa kami. Mulai dari proses awal saat Pemilihan Sangadi (Pilsang) baik berupa materil serta bantuan syukuran untuk sangadi terpilih,” kata Ichsnan.

“Sumbangan lainnya berupa kegiatan Monuntul di Bulan Puasa, yang merupakan tradisi masyarakat, dari tahun ke tahun. Dan memang bantuan seperti ini sangat membantu bagi pemuda-pemudi desa mopait,” tambah Ichsan.

Senada disampaikan Tito Dama, salah satu tokoh pemuda Desa Mopait, soal harapan besar mereka saat perusahaan ini bisa kembali beraktifitas adalah kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap perusahaan bisa segera secapat beroperasi agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Seperti perekrutan atau pemberdayaan sumber daya manusia, pendidikan, kegiatan keagamaan dan terutama bisa turut membantu dalam sector pertanian,” kata Tito.

Terpisah, ketua Remaja Masjid Nurul Iman Desa Torouakat, Ridwan Damopolii, mengaku sejak hadirnya perusahaan dengan manajemen yang baru, sangat terasa manfaatnya.

Untuk itu Ridwan sangat berharap dalam waktu dekat perusahaan ini bisa segera beroperasi agar para pemuda dan masyarakat di desa tersebut, bisa segera mendapatkan lapangan kerja baru. “Begitu perusahaan ini beralih ke managemen yang baru, banyak sekali manfaat yang dirasakan. Banyak bantuan yang kami (remaja masjid) terima terutama dalam kegiatan keagamaan,” kata Ridwan.

Sementara itu, Sangadi Desa Torouakat, Tomy Mokobela, berharap agar perusahaan bisa secepatnya beroperasi, karena pemerintah Desa  dan masyarakat sudah berkomitmen untuk mengawal dan mendukung  investasi resmi yang masuk di areal lingkar tambang.

Terlebih saat ini meski belum beroperasi , namun perusahaan sudah banyak mengucurkan bantuan di desa kami, salah satu contoh kata Tomy, sumbangan untuk pembangunan masjid.

“Kami sudah berkomitmen untuk mengawal investasi yang masuk di desa kami. Karena pasti jika perusahaan sudah beroperasi masyarakat disini juga yang akan diberdayakan oleh perusahaan dan ini sangat membantu perekonomian warga,” tandasnya.

 

Reporter : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.