Diknas Bolmong Gelar Rakor UNBK Untuk Tahun Depan

0
33

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dinas Pendididkan Nasional (Diknas) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat di bolmong tahun ajaran 2017/2018, yang diperkirakan akan diselenggarakan pada Bulan April tahun 2018 nanti.

Rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Diknas Bolmong, Drs Djafar Paputungan MM, melalui Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kesiswaan, Abdulrivai Mokoagow SPd, dan digelar di SMP N 5 Kecamtan Lolayan.

Abdulrivai Mokoagow SPd, ketika dikonfirmasi mengatakan, kegiatan rakor ini, adalah tindak lanjut rakor kepala kepala dinas se-Indonesia yang dilaksanakan pekan lalu.

“Namun sebelum rakor tingkat nasional minggu lalu, Diknas Bolmong juga telah melaksanakan rakor kepsek-kepsek SMP ini,” kata Mokoagow.

Agenda yang kedua kalinya ini, sangat penting dikarenakan rakor tersebut. Dalam rangka mengecek kesiapan dari pihak sekolah untuk ujian berbasis komputer perdana ini.

“Agenda hari ini adalah kami dari pihak Diknas Bolmong, melakukan final cek untuk memastikan keadaan dan kebutuhan setiap sekolah, serta memastikan kesiapan sekolah dalam rangka UNBK,” tuturnya.

Selain itu, pertemuan ini juga digunakan oleh pihak Diknas Bolmong untuk melakukan pemetaan permasalahan terutama terkait masalah teknis nantinya.

“Hari ini kami juga (Diknas) telah melakukan pemetaan sekolah yang akan menjadi pelaksana UNBK atau sekolah induk. Karena ada beberapa sekolah yang belum memiliki komputer sehingga mereka harus bergabung dengan sekolah pelaksana terdekat,” jelasnya.

Ia pun mengakui jika dari hasil verifikasi untun peyelengaraan UNBK di Bolmong ini, masih banyak kekurangan.

“Memang dari hasil verifikasi kami, masih banyak kekurangan yang ada. Namun para kepala sekolah telah bersepakat untuk melaksanakan UNBK. Memang kesiapan sekolah adalah kunci dalam pelaksanaan UNBK. Mulai dari kesiapan Guru, sarana penunjang komputer, listrik, jaringan, dan sebagainya. Dalam rangka pelaksanaan UNBK,” ujarnya.

Diharapkannya, agar para guru dapat menyiapkan anak didiknya dalam menghadapi UNBK ini.

“Pihak Diknas Bolmong juga berharap agar para siswa sebagai calon peserta UNBK dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, terutama para orang tua juga, mesti dapat bersama-sama mensukseskan agenda nasional ini,” harapnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.