Dinas Pariwisata Bolmong Buat Film Dokumenter Makanan Khas Daerah

0
79
Dinas Pariwisata Bolmong Buat Film Dokumenter Makanan Khas Daerah
Ulfa Paputungan

TOTABUANEWS, BOLMONG – Balai Pelestarian Budaya Nasional Manado bersama dengan Dinas Pariwisata Bolmong, telah membuat lima film dokumenter tentang makanan khas daerah Bolmong. Melalui film dokumenter ini, makanan khas tersebut dipromosikan agar makanan khas bolmong ini bisa dikenal sampai ditingkat nasional.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Pariwista Bolmong Ulfa Paputungan, pihaknya dan Balai Pelestarian Budaya Nasional telah membuat film dokumenter mengenai makanan khas Bolmong. “Pembuatan film dokumenter telah dilakukan, Pembuatan film dokumenter ini dilaksanakan sehari dari pagi hingga sore hari oleh balai pelestarian nasional Manado,” ungkapnya, Selasa (11/7/2017).

Lanjutnya, Ada beberapa makanan yang diambil untuk menjadi objek dalam film dokumenter tersebut.

“makanan yang diambil ada lima, yakni Sinandoi, Sayur Yondog, Sinambedak, Ginolagak dan Balukut,” jelasnya.

Disamping itu Ulfa juga menjelaskan, selain makanan khas bolmong, ia juga berencana akan membuat film dokumenter tentang pengobatan tradisional yang ada di bolmong. “Saat ini baru di Wilayah Lolayan yang kami temukan tempat berobat tradisional yaitu Monibi, untuk wilayah Passi nanti akan kami koordinasikan dengan pemerhati budaya bolmong Bapak Hairun Mokoginta untuk pembuatan film dokumenter itu,” tukasnya

Sebelumnya diketahui, pengobatan tradisional monibi ini adalah pengobatan yang bersifat gaib dan hanya bisa dilakukan oleh orang yeng memiliki kemampuan spiritual. “Orang yang mengobati nantinya akan mengobati orang sakit dalam keadaan kerasukan,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.