Disdik Bolmong Sosialisasikan Juknis Penyaluran Dana BOS Tahun 2020

0
86
Disdik Bolmong saat melaksanakan sosialisasi Juknis Dana Bos di SMP N 5 Lolak.

TNews, BOLMONG — Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Renti Mokoginta membuka kegiatan sosialisasi tentang Petunjuk teknis (Juknis) terbaru penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilasanakan di ruang kelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Lolak, Rabu (11/03/2020) kemarin.

Sosialisasi yang dibuka langsung Kepala Disdik Renti Mokoginta tersebut diketahui didampingi langsung Kabid Pendidikan Dasar Diksar (Diksar) Abdul Rivai Mokoagow, perwakilan Inspektorat Daerah, turut dihadiri seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) serta para pengawas SMP se-Bolmong.

Menurut Kabid Disksar Rivai Mokoagow, sosialisasi kali ini dilakukan agar sekolah lebih memahami cara-cara penggunaan dana BOS. Karena, proses penyaluarannya sudah berubah atau tidak lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. “Sesuai permen yang baru-baru ini dikeluarkan, penyalurannya langsung dari pemerintah pusat ke rekening sekolah melalui KPPN yang ditunjuk oleh kementerian,” ungkap Rivai.

Sementara kata dia, yang tertuang didalam junkinis terbaru, untuk pencairan dana BOS hanya tiga tahap saja. Kemudian, pada pencairan di tahun-tahun sebelumnya dilakukan empat tahap.

Disisi lain kata dia, salah satu yang harus dipenuhi setiap penerima dana BOS, yakni wajib mengantongi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). “Jadi kalau siswanya tidak mengantongi itu, belum terhitung dalam penyalurannya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disdik Renti Mokoginta mengimbau, kepada para kepsek agar dalam penggunaan dana BOS dapat dimanfaatkan dengan baik dan sesuai dengan peruntukannya. Terlebih lagi, dalam juknis terbaru ini, benar-benar selektif dan harus taat aturan dan taat asas. “Banyak-banyak melakukan koordinasi dengan inspektorat. Supaya dalam penggunaannya, tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan,” ucap Mokoginta.

Mantan Sekretaris Bappeda Bolmong ini menambahkan, dalam waktu pihaknya juga akan kembali melakukan sosialiasi untuk para Kepsek Sekolah Dasar (SD). “Kegiatan ini dilakukan dua tahap. Tahap berikutnya akan dilaksanakan ditempat yang sama pula, dengan menghadirkan para Kepsek tingkat SD,” bebernya.

Sekadar diketahui, setiap siswa penerima dana BOS untuk tingkat SD Rp 900.000 dan untuk SMP Rp 1.100.000.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.