Disnakertrans Bolmong Buka Posko Aduan THR

0
55
Disnakertrans Bolmong Buka Posko Aduan THR
Derek Panambunan

TOTABUANEWS, BOLMONG –  Sebanyak 145 perusahaan baik skala kecil, sedang dan menengah, yang beroperasi di Kabupaten Bolmong diingatkan untuk segera menunaikan kewajibannya membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya sebelum perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah. Ratusan perusahaan itu mempekerjakan sekira 4.000 an karyawan.

Ratusan perusahaan itu mempekerjakan sekira 4.000 an karyawan. Pemkab Bolmong membuka posko pengaduan THR bagi karyawan yang tidak mendapatkan hak mereka tersebut. “Jika ada karyawan yang tidak mendapatkan hak THR, silahkan melapor langsung ke Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Distransnaker) Bolmong,” kata Kepala Distransnaker Bolmong, Derek Panambunan, Selasa (13/6/2017)

Ditambahkan, akan segera mengirim edaran kepada semua perusahan itu untuk memperhatikan kewajiban untuk memberikan THR. “Kita akan mengeluarkan surat edaran berupa imbauan bagi perusahaan untuk menunaikan kewajiban membayar THR bagi karyawannya. Selain itu, petugas Distransnaker Bolmong akan berkeliling mengunjungi perusahaan guna mengingatkan kewajiban membayar THR bagi karyawannya. Untuk imbauan sekaligus pengawasan, kita akan mobile mengunjungi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Bolmong,” ujarnya.

Lanjutnya, pemberian THR kepada karyawan harus sudah tuntas paling lambat sepekan sebelum puncak perayaan hari besar keagamaan. Adapun besaran THR yakni satu kali gaji pokok untuk karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun ke atas. Bagi karyawan yang bekerja di bawah satu tahun di atas tiga bulan, berlaku perhitungan yakni besaran gaji dibagi 12 dikalikan jumlah bulan bekerja. “THR itu wajib diberikan perusahaan kepada karyawan,” jelasnya.

Bagi perusahaan yang tidak mengindahkannya, akan diberikan sanksi tegas sesuai undang-undang ketenagakerjaan. “Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan pemantauan di perusahaan-perusahaan,” ujarnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.