Disperindag Bolmong Temukan Delapan Titik Panas Bumi

0
58
Pemkab Bolmong Pastikan Stok Bapok Aman Jelang Ramadhan
George Tanor

TOTABUANEWS, BOLMONG – Kabupaten Bolmong adalah Kabupaten yang memilik sumber daya alam yang melimpah, mulai dari hasil pertanian, kelautan hingga potensi alam lainya. Dengan begitu Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Diperindag) Bolmong, melakukan berbagai riset dan penelitan apakah ada salah satu sumber alam yang bisa, membantu dalam kesejateraan masyarakat.

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan, George Ged Tanor, Senin (20/2/2017), didepan ruangan komisi 2 saat menghadiri undangan DPRD Bolmong, mengatakan sejak Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) telah dihapus dan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi, sebagai bagian naungan tersebut Disperidag melakukan penelitian tentang adanya panas bumi di wilayah Bolmong.

“Memang setelah Distamben dihilangkan pada perombakan OPD, persoalan pertambangan dan galiaan C itu langsung ditangani provinsi, yang tersisa untuk kemudian menjadi bagian dari naungan Disperindag adalah panas Bumi. Dan setelah kami membentuk  tim  dan memverifikasi, ternyata kami menemukan jika ada 8 titik panas bumi di wilayah Dumoga,” jelasnya.

Tanor mengatakan jika, saat ini pihaknya masih dalam proses penelitian kesejumlah wilayah di Bolmong.

“Saat ini baru di Dumoga, dulukan yang terdeteksi ada di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan saja, tapi ternyata dengan hasil 8 titik diwilayah Dumoga saja, ini sudah berpotensi untuk efisiensi keuntungan dalam bidang pertanian dan perkebunan, apalagi jika ternyata di temukan lagi pada wilaya yang lain” ujarnya.

Lanjutnya, jika pemberdayaan panas bumi dimaksimalkan maka akan menimbulkan banyak keuntungan pada banyak sektor.

“Dengan panas bumi, selain untuk bisa dikelolah sebagai objek wisata, panas bumi juga bisa dimanfaatkan untuk drayer hasil pertanian dan perkebunan, potensi ini yang akan coba kami kembangkan, agar bisa meminimalisir kerusakan hasil produksi pertanian dan perkebunan juga bisa untuk mengefektifkan tenaga,” ungkapnya.

Dirinya berharap, agar upaya pemanfaatan panas bumi ini bisa berjalan sesuai harapan.

“Karna ini merupakan potensi yang telah sekian lama kurang disadari sehingga saya berharap dengan penemuan dan pengidentifikasian panas bumi ini, bisa berjalan sesuai yang diharapkan sehingga selain menguntungkan banyak sector juga bisa mendatangkan PAD,” tutupnya.

Feybi Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.