DPPKB Bolmong Ajak Masyarakat Ciptakan Generasi Cerdas

0
40

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) mengajak masyarakat untuk menciptakan generasi yang cerdas.

“Selain sehat, harus juga menciptakan generasi yang cerdas. Ini bertujuan bukan hanya untuk pribadi, namun pula bagi daerah dan bangsa,” ujar Kepala Dinas PPKB Bolmong, Ketut Kolak, saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tahun 2018 Kabupaten Bolmong, di Kantor DPPKB, di Lolak, Kamis (28/6/2018).

Lanjutnya, generasi cerdas dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga.

“Oleh karena itu, bagi orang tua yang ingin menikahkan anaknya harus punya kematangan. Menikah jangan karena terpaksa tapi direncanakan secara matang saat masih pra-pernikahan,” tambahnya.

Dijelaskan, bahwa bisa dibayangkan jika pernikahan dilakukan secara dini. Secara otomatis yang repot orang tua.

“Tak hanya itu, melahirkan pun harus terencana dengan baik. Dianjurkan menggunakan kontrasepsi sehingga tidak menjadi beban,” ujarnya.

Dirinya berharap, semua stakeholder agar ikut terlibat aktif guna mencapai generasi cerdas kedepan.

“Untuk mendapatkan generasi yang cerdas, proses tahapannya sangat panjang dan ada perencanaan keluarga yang matang. Sehingga butuh peran aktif semua pihak,” katanya.

Kegiatan yang mengambil tema “Penguatan integrasi lintas sektoral dalam rangka menuju Bolmong Hebat” ini melibatkan peserta dari para penyuluh KB di Bolmong.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.