Formasi Apoteker Minim Pelamar, Solusinya? BKPP Tunggu Putusan KemenPAN-RB

0
654
Umarudin Amba.

TNews, BOLMONG — Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berbasis Komputer Assissted Test (CAT) Tahun Anggaran (TA) 2019 di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga saat ini terus berlanjut.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong baru saja menyelesaikan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi 1.717 pelamar yang lulus berkas. Sementara, 417 diantaranya mampu mencapai ambang batas nilai atau Passing Grade (PG) dan dinyatakan kembali bertarung pada ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Meski demikian, yang menjadi tanda tanya adalah bagaimana solusi untuk formasi yang minim pelamar. Seperti formasi apoteker misalnya. Pemkab Bolmong telah membuka lowongan CPNS Dua orang untuk formasi tersebut sesuai kebutuhan daerah. “Iya, untuk formasi Tahun 2020 ini memang ada beberapa yang minim pelamar. Yang perlu diperhatikan adalah formasi apoteker. Di mana, kebutuhan formasi sebanyak Dua orang, yang mengikuti SKD juga hanya Dua pelamar. Namun, kedua pelamar tersebut tidak lulus ujian SKD,” kata Kepala BKPP Umarudin Amba, Senin (02/03/2020).

Lebih lanjut Amba menjelaskan, mengenai hal tersebut, pihaknya masih mencari solusi serta menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). “Kita menunggu arahan resmi dan kebijakan KemenPAN-RB untuk urusan ini,” ungkap Umarudin.

Di sisi lain, pelaksanaan SKB bakal digelar pada akhir Bulan Maret dan tetap akan dilaksanakan secara mandiri di Gedung CAT BKPP Bolmong. “Kita tetap akan laksanakan di daerah sendiri, dan kita berupaya agar pelaksanaan SKB nanti tidak terkendala hal-hal yang bersifat teknis,” tuturnya.

Dia menambahkan, kalkulasi waktu pelaksanaan SKB bagi 414 pelamar yang lulus SKD adalah Dua hari. “Hitungannya Satu hari Lima sesi seperti SKD kemarin, maka kita hanya butuh Dua hari untuk pelaksanaan SKB nanti,” bebernya.

Menurut Amba, tidak menutup kemungkinan apabila ada daerah sekitar yang ingin bergabung melaksanakan SKB bersama Pemkab Bolmong. “Daerah-daerah sekitar kan masih ada yang belum melakukan seleksi secara mandiri. Jadi, tidak menutup kemungkinan ada daerah-daerah sekitar itu yang ingin bergabung melaksanakan SKB di sini (gedung CAT Bolmong-red). Namun, hal itu tentunya masih menunggu arahan pimpinan,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.