Gempa 7,6 Skala Richter Dan Berpotensi Tsunami, Warga Lolak Berhamburan Keluar Rumah

0
224
Gempa 7,6 Skala Richter Dan Berpotensi Tsunami, Warga Lolak Berhamburan Keluar Rumah

TOTABUANEWS, BOLMONG – BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), berhasil mengevakuasi warga Desa Motabang, 46 orang ibu-ibu di pos pengungsian dan 19 orang laki. Lima diantaranya luka ringan, ibu hamil satu orang, lansia satu orang, dan anak-anak tiga orang

Kegiatan tersebut merupakan simulasi terhadap pencegahan bencana dengan tema “bencana gempa bumi dan tsunami”, Selasa (25/7/2017) di Kecamatan Lolak Desa Motabang.

Kepala Badan BPBD Bolmong Channy Wayong mengatakan, simulasi bencana gempa ini dengan kekuatan 7,6 skala richter di kedalaman 30 meter bagian tenggara laut bolmong pada pukul 11:30. Di Desa Motabang dan berpotensi stunami.

“Simulasi ini kami lakukan dengan mencegah bencan yang tidaj menutup kemungkinan akan datang kapan saja. Tapi kami sudah menyiapkan berbagai pencegan, masing-masing penyelamatan kepada penduduk, menyiapkan pengungsian serta kesehatan,” ungkapnya.

Ditambahkan, kegiatan ini dilaksanakan tiap tahun. Namun pihaknya akan mengusahakan simulasi bencana ini akan di tambah kegiatan menjadi dua kali tiap tahun. “Tahum lalu dilaksanakan di Desa Lolalan dengan simulasi bencana banjir. Dan tahun ini kami laksanakan di Kecamatan Lolak Desa Motabang, kegiatan ini juga kami laksanakan sesuai kondisi dan potensi terjadi bencana,” jelasnya.

Sementara itu, satu diantara warga yang melaksanakan simulasi Maria Wonombong mengungkapkan, dirinya sangat mendukung program dan kesigapan pemerintah melalai BPBD.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya simulasi seperti ini. Sebab disini kami mendapat pelatihan tentang bagaimana menghadapi ketikan bencana ada,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.