Harga Gula Pasir di Bolmong Tembus Rp 20.000 per Kg

0
52

TNews, BOLMONG — Harga gula pasir di ritel-ritel modern maupun di kios-kios di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Harga per Kilogram (Kg) saja sebelumnya hanya menyentuh angka Rp 12.000 pe Kg. Namun sejak mewabahnya Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 telah menyentuh Rp 20.000 per Kg.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM) Tonni Toligaga, saat ini harga beberapa bahan pokok di pasar cukup fluktuatif. “Kalau di pasar, tentunya mekanisme pasar yang bekerja. Namun, yang menjadi concern kita saat ini adalah mengupayakan agar tidak ada kelangkaan bahan pokok dan barang lainnya yang dibutuhkan di saat seperti ini,” kata Tonni, Rabu (25/03/2020).

Dia menjelaskan, gula pasir merupakan salah satu komoditi yang mengalami kenaikan harga. “Iya, harga gula pasir sekarang Rp. 18.000-20.000, nominal itu mengalami kenaikan dari harga sebelumnya yang hanya Rp12.000 -13.000 per Kg,” ucap Tonni.

Ditanya soal penyebab kenaikan harga tersebut Tonni menyebut, pihaknya belum mengetahui pasti, apakah mengalami kelangkaan hingga harganya naik atau seperti apa. Menyikapi hal tersebut juga, Toligaga mengaku telah menyurat secara resmi ke pihak Bulog terkait ketersediaan stok. “Nanti, kita lihat upaya apa yang akan dilakukan kedepan,” tuturnya.

Di sisi lain, Tonni membeber, selain gula pasir komoditi yang juga memiliki harga yang fluktuatif adalah bawang merah dan cabai. “Namun, saat ini harga bawang merah dan cabai belum ada kenaikan bila dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya,” tutupnya.

Imran Asiaw 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.