Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Bolmong Luncurkan Jargon CHM

0
35

ADVETORIAL, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), resmi meluncurkan simbol dengan Jargon Cerdas, Hebat, Mantap (CHM), saat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Senin (29/10/2018).

Jargon yang diluncurkan tepat pada peringatan Sumpah Pemuda itu, bertujuan untuk menggelorakan semangat Pemuda dalam membangun dan menyatukan bangsa.

Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam sambutannya di peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90, mengajak pemuda untuk menjadi pelopor membangun kesadaran kebangsaan indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” ujar Bupati.

Pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan, berdasarkan pancasila dan UUD 1945, dalam kerangka NKRI.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya,” kata Mokoagow.

Ditambahkan srikandi bolmong ini mengatakan, evolusi mental yang dicanangkan oleh bapak presiden Ir Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Oleh karena itu revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. dengan mewujudkan pemuda yang maju, berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” ujarnya lagi.

Lanjutnya, pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Diakhir sambutan, Bupati Bolmong mengucapkan selamat hari sumpah pemuda ke-90, ia berharap melalui momentum hari sumpah pemuda, kita semua mampu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita.

Diketahui, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, juga dirangkaikan dengan Apel Korpri di Lingkungan Pemkab Bolmong sekaligus penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) Bupati Bolmong tentang Kenaikan Pangkat PNS untuk Pejabat Eselon II, III dan IV.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan Santunan Klaim Asuransi Bagi Nelayan sebesar Rp. 160 Juta kepada Ahli Waris Ibu Marta Lumika, istri dari Almarhum Kirenius Bawelle.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.