Ini Tujuan Disdik Bolmong Tingkatkan Diseminasi Pendidikan di Daerah Terpencil

0
165
Kepala Disdik Renti Mokoginta saat menyerahkan alat tulis kepada Siswa/siswi di SDN dan SMP N Satap Desa Pomoman. (Foto: Imran Asiaw/TNews).

TNews, BOLMONG — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus berupaya meningkatkan program prioritas di bidang pendikan.

Kepala Disdik Renti Mokoginta, mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk ditingkatkan di wilayahnya, terutama diseminasi pendidikan di daerah terpencil.

“Kepedulian daerah terhadap pentingnya pendidikan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi prioritas dalam menunjang pembangunan Kabupaten Bolaang Mongondow kedepan menjadi lebih baik. Terutama di daerah terpencil,” kata Mokoginta.

Buktinya, Selasa, (23/06/2020), dibawah kordinir Kepala Disdik Renti Mokoginta, didampingi Kabid Dikdas Abdul Rivai Mokoagow serta Korwil Kecamatan Poigar Mardin Manangin, turun langsung di daerah terpencil tepatnya di Desa Pomoman, Kecamatan Poigar.

Desa Pomoman tercatat sebagai salah satu wilayah terpencil yang dimukim sekelompok  masyarakat sejak tahun 1983. Didalamnya, aktifitas berlangsung termasuk pendidikan sebagai indikator peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang setara dengan wilayah lainnya.

Untuk menuju desa terpencil tersebut, tim Disdik harus menggunakan kendaraan jenis Toyota Hartop, atau biasa orang desa menyebutnya Rambo sebagai alat transportasi warga.

Bahkan untuk bisa menggapai desa ini, Delapan anak sungai harus dilewati, sangat berbahaya jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi bisa membahayakan tim saat melintas.

Sekitar 13 Kilometer terhitung dari titik nol Jalan Amurang Kotamobagu Doloduo (AKD), serta memakan waktu hingga satu jam lebih perjalanan yang ditempuh tim untuk menuju desa dengan jalan terjal bebatuan berliku nan curam.

Desa Pomoman yang dihuni sekitar 300-an warga itu memang masih terisolir dari desa-desa lainnya di Kabupaten Bolmong.

Pomoman sendiri, memiliki Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Satap dibawah naungan Disdik Bolmong. “Kita datang kesini untuk tujuan diseminasi pendidikan daerah terpencil. Selain itu, salah satu tujuan kita tentunya melakukan peninjauan terhadap pendidikan baik itu guru sebagai tenaga didik dan murid yang ada di sekolah,” kata Renti, saat diwawancarai TNews usai meninjau sekolah.

Lanjutnya, Desa Pomoman masuk kategori terpencil di Bolmong. Jaminan pemerintah terhadap tenaga pendidik dan murid menjadi perhatian khusus untuk mempertahankan peningkatan sumber daya manusia yang memadai. “Ini tujuan dan juga target kita, termasuk dalam meningkatkan IPM,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kunjungan tersebut diakhiri dengan penyerahan buku dan peralatan sekolah kepada anak didik oleh Dinas Pendidikan. Kepala Dinas Renti Mokoginta menyerahkan secara langsung kepada siswa dan siswi.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.