Ini Wasit Perempuan Satu-satunya di Turnamen Bupati Bolmong CUP I

0
118
Vika Almira Amir
Loading...

TNews, BOLMONG — Menjadi pengadil lapangan dalam sebuah pertandingan sepak bola tidak hanya digeluti kalangan kaum lelaki. Di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) misalnya, wasit perempuan satu-satunya dalam Turnamen Bupati Bolmong CUP I 2020, yakni Vika Almira Amir.

Memang, wasit merupakan salah satu profesi yang tak bisa dipisahkan dalam sebuah pertandingan olahraga, seperti sepak bola. Sebagaimana Turnamen sepak bola Bupati Bolmong Cup I yang sedang berlangsung saat ini di Lapangan Yon Armed 19 Tarik Bogani, kehadiran wasit-wasit berlisensi sangat dibutuhkan.

Menariknya, pada Bupati Bolmong Cup I ada wasit perempuan yang bertugas. “Namanya Vika Almira Amir, satu-satunya wasit perempuan berlisensi nasional yang ada di Bolmong,” ungkap Adam Daud, Kamis (12/03/2020) selaku pengawas wasit dalam turnamen tersebut.

Lanjut dia, Vika telah sering bertugas dalam pertandingan sepakbola. “Ini dia (Vita-red) baru kembali dari Manado karena bertugas di sana dalam Liga Puteri,” ucap Adam.

Dia menjelaskan, diantara stok wasit yang ada, semuanya akan diroling dalam penugasannya. “Semuanya diroling, dengan begitu selalu ada kemungkinan Vita untuk menjadi wasit utama yang memimpin salah satu pertandingan di Bupati Cup I ini,” bebernya.

Sementara, Vika sendiri mengakui dirinya sangat menikmati profesinya saat ini. “Saya sudah 2 tahun menjadi wasit dan tahun 2019 lalu menjalani tes untuk menjadi wasit berlisensi C1 nasional,” ungkapnya.

Wasit perempuan yang juga masih tercatat sebagai pelajar SMA itu mengatakan, bahwa dalam tes dan seleksi yang dia jalani, hampir semuanya sama dengan wasit laki-laki. “Bedanya hanya ada di tes fisik, kalau perempuan waktunya agak lebih cepat dari laki-laki, untuk tes lainnya semua sama,” ucapnya.

Diketahui, Vika telah ditugaskan sebanyak 3 kali dalam Turnamen Bupati Cup I, di mana 1 kali bertugas sebagai Asisten Wasit (AW) 2, dan 2 kali bertugas sebagai wasit cadangan.

Imran Asiaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.