Jadi Tempat Persinggahan, Rupanya Ini Sejarah Kawasan Korit Komangaan

0
290

TNews, BOLMONG  – Siapa yang tak Tahu Dengan Kawasan Korit yang berada di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow Tersebut? Pastinya semua orang yang pernah melintas melewati kawasan tersebut tidak asing lagi ketika mendengar nama kawasan korit tersebut.

Berdasarkan Penuturan Warga Setempat, Meyti Paputungan, awal mula sampai lahirnya Korit yakni pada tahun 1960 an, dimana pada masa itu, kawasan korit masih merupakan tempat persingahan untuk para penjalan kaki yang melintasi kawasan tersebut.

“Waktu itu, orang-orang  yang ingin melintas harus melalui sebuah jembatan kayu, entah kenapa sehingga beberapa dari kelompok itu memilih untuk tinggal sementara yang lainya pergi meneruskan perjalanan,”Kata Paputungan.

Dia Melanjutkan, kelompok tadi yang memilih singgah di kawasan tersebut lalu akhirnya berinsiatif untuk membuka dagangan bagi setiap orang melintas di jembatan itu, lama-kelamaan penduduk bertambah dan membangun lagi lapak daganganya.

“Dulunya lokasi ini hanya jadi persinggahan untuk istirahat, namun beberapa dari mereka memilih untuk membuka tempat jualan disana, lama-kelamaan jadi banyak.” Kata Paputungan, (02/8), Sambil menghelah nafas.

Dia Menambahkan, Korit sendiri berasal dari nama rumput “sorit” karena dulunya tempat itu masih ditimbuni rumput sorid karena dengan pergantian zaman sehingga penyebutanpun terganti dengan nama Korit.

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.