Kasus Baru Kusta Masih Ditemukan, Dinkes Bolmong Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

0
370
Ilustrasi

TNews, BOLMONG – Kasus baru penyakit kusta di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada semester I Tahun 2019 masih ditemukan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, total kasus baru penyakit kusta yang ditemukan yakni 23 kasus.

“Dari 23 kasus baru yang ditemukan, penderita penyakit kusta umumnya orang dewasa dimana sebanyak 18 orang mengalami kusta basah atau multi basiler (MB) dan 1 orang Kusta kering atau pausi basiler (PB),”ungkap Wiyono SST, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Bolmong, Rabu (13/11/2019).

Lebih lanjut Wiyono mengatakan, pendertia Kusta juga ada dari kalangan anak-anak sebanyak 4 orang, dimana jenis kusta yang dialamai mereka yaitu PB.

Untuk mencegah penyakit kusta, Wiyono berpesan agar masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjaga kualitas lingkungan, pemukiman dan personal hygiene. “Bila nanti ada yang terindikasi kusta segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan yang di butuhkan.”ungkapnya

“Obatnya gratis, bukan berarti murahan namun biaya obat di tanggung pemerintah,”tutup wiyono.

Diketahui, Penyakit Kusta yang juga dikenal dengan nama lepra atau penyakit Hansen, adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata, Kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.