Kemenag – Pemkab Bolmong Gelar Baksos

0
33
Kemenag - Pemkab Bolmong Gelar Baksos
TOTABUANEWS, BOLMONG – Melalui program “Infaq Segenggam Beras”, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (18/1/2017), mengelar Bakti Sosial (Baksos) yang merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke – 71.
Kegiatan bakti sosial berupa pemberian sekitar 200 paket sembako kepada 200 warga kurang mampu ini, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, dan diselenggarakan di Desa Pangi, Kececamatan Sang Tombolang.
Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kepala Kemenag Bolmong Drs Tavip Pakaya, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Adrianus Nixon Watung SH, Ketua DWP Kemenag Bolmong Sathira Manoppo, Ketua TP-PKK Bolmong, Asisten I Drs Christovel Tito Kamasaan MM, Camat Sang Tombolang Drs Wahyudin Gonibala, Sangadi serta perangkat Desa Pangi dan warga sekitar.
Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Bolmong, Drs Tavip Pakaya memberikan apresiasi kepada Pemkab Bolmong, yang telah ikut ambil bagian dalam rangkaian HAB Kemanag RI ke 71 ini.
“Kegiatan ini sudah dilakukan ke empat kalinya oleh Kemenag Bolmong, dan kali ini melibatkan jajaran Pemkab,” kata Pakaya.
Ia juga meminta kepada masyarakat agar kegiatan ini tidak dikaitkan dengan kondisi politik di Bolmong, dikarenakan bakti sosial ini benar-benar untuk membantu saudara kita yang kurang mampu.
“Dalam kondisi politik yang sedang memanas, ajang ini jangan dikaitkan dengan kampanye. Baksos berupa pembagian sembako (beras, minyak, mie instant) sejumlah 200 paket untuk 200 kepala keluarga yang dipandang kurang mampu,” tutur Pakaya.
Orang nomor satu di Kemenag Bolmong ini mengatakan, jika warga kurang mampu yang mendapatkan sembako ini merupakan data dari pihak desa. “Data ini atas rekomendasi sangadi,” katanya.
Ia berharap agar bantuan ini dapat meringankan beban penerima dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. “Nilainya mungkin tak seberapa, namun jika bantuan ini sampai pada mereka yang benar-benar membutuhkan, pasti akan sangat berharga. Jangan lihat kecilnya, lihatlah keikhlasannya,” ucapnya.
Menurut Pakaya, untuk beramal tidak cukup hanya lewat kata-kata, namun harus diwujudnyatakan.  “Hal ini yang selalu ditanamkan pada jajaran pegawai Kemenag Bolmong sehingga kegiatan baksos tak pernah luput dari setiap peringatan HAB. Program yang disebut “Infaq segenggam beras” mendapat respon positif dari seluruh pegawai, guru, penyuluh, pengawas di lingkungan Kemenag Bolmong sehingga hari ini bisa terkumpul sembako ini.
Sementara itu, Pjs Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung SH mengatakan, kegiatan baksos ini menjadi pengalaman yang amat berharga dan membawa hikmah bagi jajaran Pemkab.
“Sangat terinspirasi, mudah-mudahan ke depan akan menjadi contoh bagi seluruh SKPD di Bolmong untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan,” kata Watung.
Ia juga memberikan apresiasi dan ucapan syukur kepada Kemenag Bolmong, yang telah melibatkan Pemkab Bolmong dalam agenda amal ini.
“Terima kasih karena telah diundang dan dilibatkan pada kegiatan yang sungguh mulia ini. Hikmahnya semoga pada HUT Bolmong 23 Maret mendatang jajaran Pemkab dapat melakukan kegiatan serupa untuk berbagai dengan sesama yang membutuhkan,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Adrianus Nixon Watung SH, memanfaatkannya untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat. Dia pun memberi kesempatan kepada tiga warga untuk menyampaikan aspirasinya terkait dengan permasalahan yang ada di Kecamatan Sang Tombolang, khususnya di Desa Pangi.
Ketiga warga yang mendapat kesempatan mengungkapkan tentang minimnya layanan kesehatan, rendahnya kesejahteraan perangkat desa, imam dan pegawai Sya’ri serta terbengkalainya rest area di perbatasan Bolmong–Bolmong Utara.
Usai mendengarkan aspirasi, Pjs Bupati bersama Kepala Kemenag Bolmong, menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada 10 warga, sisanya dilanjutkan oleh panitia HAB Kemenag Bolmong sebanyak 200 paket untuk 200 keluarga kurang mampu.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.