Kerjasama dengan BSG, Pemkab Bolmong Hadirkan KUR ‘Bohusami Bakobong dan Beternak’

0
64

TNews, BOLMONG – Resmi bekerjasama dengan Bank Sulut Gorontalo (BSG), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menghadirkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ‘Bohusami Bakobong dan Beternak’ bagi petani.

Program tersebut merupakan wujud perhatian Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam mengimplementasikan visi misi menuju Bolmong Yang Baru, Berbudaya, Berdaya Saing Dan Mandiri Sebagai Lumbung Pangan Indonesia Timur.

Bupati Yasti dan BSG pun resmi menandatangani MoU yang dilaksanakan di Kantor Pusat BSG Manado dengan launching KUR klaster komoditi padi dan jagung,  Selasa 19 April 2022.

Bupati Bolmong Yasti usai penandatangan MoU mengatakan, bantuan dana KUR dari pihak Bank SulutGo tersebut bernilai Rp20 miliar.

Hal ini kata Yasti, dilakukan sebagai bagian dari program percepatan pemulihan ekonomi masyarakat khususnya petani.

“Karena mayoritas penduduk masyarakat khususnya di pedesaan melakukan aktivitas pada sektor pertanian. Kami berharap ini mampu membantu masyarakat Kabupaten Bolmong dalam meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat,” harap Bupati.

Bupati Yasti  juga mengajak semua masyarakat yang berprofesi sebagai petani untuk memanfaatkan bantuan KUR ini, untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendapatan.

Menurut YSM sapaan akrab Yasti Soepredjo Mokoagow, pertanian di Kabupaten Bolmong masih menjadi sektor unggulan.

Potensi tersebut lanjut dia, terus dimanfaatkan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan bagi para petani serta para pelaku UMKM.

Salah satunya dengan menggandeng Bank SulutGo dalam KUR lewat program ‘Bohusami Bakobong dan Beternak.

“Program Bohusami Bakobong dan Beternak ini dinilai akan membantu para petani untuk lebih merasakan kesejahteraan. Karena kurangnya permodalan serta pengetahuan. Belum lagi diperhadapkan dengan munculnya tengkulak yang  membeli hasil panen dengan harga rendah,” tuturnya.

Di sisi lain kata Yasti, diluncurkannya pembiaayaan KUR dengan program Bohusami Bakobong dengan skema pembiayaan aman, murah dan cepat, akan meningkatkan kesejahteraan bagi para petani.

“Dengan diluncurkannya Bohusami Bakobong, saya yakin akan memberikan dampak positif bagi petani,” ucapnya.

Program Bohusami Bakobong sebelumnya telah diluncurkan di Restoran D Talaga itu, dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Kadis Pertanian Sulut Novly Wowiling, Kepala Perwakilan OJK Sulut Darwisman, Dirut Bank Sulutgo Revino Pepah, jajaran Pemkab Bolmong serta para penerima kredit.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow berterima kasih atas terobosan BSG dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, serta pelaku UMKM.

Selain itu menyampaikan apresiasi kepada OJK Sulutgomalut, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas perhatian penuh kepada Kabupaten Bolmong terutama terkait dengan pembiayaan untuk membantu permodalan petani.

Bupati memastikan dengan adanya program Bohusami Bakobong, akan menopang ekonomi di masyarakat.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.