Kuntum Mekar Baturapa Juara KWT Tahun 2019

0
22

TNews, KOTAMOBAGU  – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali melakukan penilaian Kelompok Wanita Tani (KWT) tahun 2019. Atau yang sudah kali keduanya. Dan, hasilnya, KWT Kuntum Mekar, Desa Baturapa, Kecamatan Bolaang menjadi juara pertama tahun ini. Penilaian KWT ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 13 hingga 15 Agustus.

Tim penilaipun terdiri beberapa unsur, mewakili TP-PKK Bolmong Febrianti Mashanafi-Walalangi, dari Dinas Pangan Daerah Pemprov Sulut Fathia Pakaya, mewakili Dinas Pertanian Bolmong Jeane Kumendong, Hj Diana Wahab mewakili DPMD serta mewakili jurnalis Guesman Laeta dan didampingi oleh tim DPK terdiri dari Andry W. Mamonto Kabid Program Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan, Kepala Seksi Konsumsi Pangan Liza Tunggali dan kepala seksi Olan Puluhulawa.

Ada 15 kelompok KWT diseleksi DKP pada pra penilaian dimasing-masing kecamatan. Adapun yang lolos dalam penilian delapan kelompok. Ada beberapa unsur penilian yang menjadi perhatian tim juri. Salah satunya soal partisipasi masyarakat memanfaatkan halaman rumah hingga efek manfaat bagi KWT khusunya dalam upaya menopang perekonomian rumah tangga. Yang menjadi sorotan dalam penilain tersebut adalah kondisi kemarau yang ikut mempengarahi tanaman KWT. Namun berbagai upaya dilakukan masyarakat agar tanaman mereka tetap terjaga. “Kami harus menyiramnya dengan rutin. Bahkan kami siram biasanya malam hari. Agar tanaman tetap terjaga dan tidak mati kekeringan,” ujar sejumlah warga saat tim juri melakukan penilaian.

Febrianti Mashanafi-Walalangi yang juga Sekretaris TP-PKK Bolmong mengapresasi kegiatan tersebut. Menurutnya, sulit bagi panitia memberikan penilaian mana yang terbaik. “Yang kami melihat positif, ada motivasi yang baik dari ibu-ibu melalui KWT,” ujarnya. Menurutnya, melalui KWT dapat mendorong kepada seluruh ibu rumah tangga pentingnya memanfaatkan lahan halaman rumah. Menanam sayuran untuk kebutuhan rumah tangga dapat meningkatkan konsumsi pangan keluarga. “Pemanfaatan pekarangan juga menjadi bagian program TP PKK melalui hatinya PKK. Kita berharap, program ini akan terus berkelanjutan dan berharap memberi efek positif kepada seluruh ibu-ibu di Bolaang Mongondow,” pungkasnya.

Dari hasil penilaian tersebut dewan KWT Kuntum Mekar Desa Baturapa meraih poin tertinggi, disusul KWT Emas Hidup Desa Gogaluman dan KWT Ceria Desa Solimandungan Barat. Dan penyerahannya piagam penghargaan tersebut dilakukan puncak HUT RI baru-baru oleh Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow, Wabup Yanni R Tuuk dan Sekda Tahlis Gallang. ()

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.