Lakukan Sidak, Disperindag-ESDM Bolmong Temukan Makanan Kadaluarsa Beredar di Indomaret Lalow

0
81
Ilustrasi

TNews, BOLMONG — Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah tokoh dan supermarket di Kecamatan Lolak.

Salah satunya di Indomaret di Desa Lalow, Disperindag-ESDM menemukan sejumlah kadaluarsa.

Meneurut Kepala Bidang Promosi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag-ESDM Bolmong, Susan Hadji Ali, sidak tersebut dilakukan untuk membersihkan barang maupun makanan kadaluarsa menjelang Hari Raya Natal Desember mendatang.

“Dari hasil pemeriksaan kita menemukan beberapa makanan yang sudah expired (Kadaluarsa). Bukan hanya makanan yang kadaluarsa, kita juga menemukan beberapa dus makanan bayi, susu, dan kaleng ikan sarden yang telah rusak. Makanan ini harusnya tidak dipajang, karena beberapa pembungkusnya sudah rusak,” ungkap Susan, Selasa (02/10/2021).

Langkah itu diambil kata dia, sebagai tindaklanjut dari perlindungan terhadap konsumen.

“Memang seharusnya konsumen tidak bisa membeli makanan yang kemasannya sudah rusak, jadi ini sebagai tindaklanjut dari perlindungan terhadap konsumen,” ujarnya.

Selain itu, Susan Hadji Ali mengatakan jika pemeriksaan ini perlu dilakukan karena juga sebagai bentuk pencegahan terhadap Stunting.

“Salah satu pencegah Stunting juga bisa dilakukan dengan perlindungan konsumen, jadi sebisa mungkin konsumen harus mendapatkan kualitas terbaik dari produk yang dijual,” tegasnya.

Usai mendapatkan sampel makanan yang kadaluarsa tersebut, pihaknya lalu meminta agar pihak Indomaret tidak lagi menjual produk-produk kadaluarsa.

“Kami minta untuk tidak dipajang, dan dikembalikan. Sejauh ini belum ada sanksi yang diberikan tapi teguran sudah kami layangkan secara langsung,” tuturnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.