Lolak Bakal Jadi Kawasan Minapolitan

0
172
Salihi Mokodongan
Salihi Mokodongan
Salihi Mokodongan

TOTABUANEWS, BOLMONG – Kecamatan Lolak bakal dijadikan satu kawasan khusus strategiminapolitan. Pemkab Bolmong melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Bolmong sedang menyusun Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Kabupaten Minapolitan (RTRKSKM). Ini dilakukan menyusul Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor KEP.32/2010 tentang Penetapan Kawasan

Minapolitan, yang mana telah ditetapkan 197 lokasi, diantaranya 83 lokasi Pelabuhan Perikanan di seluruh Indonesia yang akan dikembangkan sebagai Kawasan Minapolitan. Bupati Salihi Mokodongan mengatakan, daerah ini tidak termasuk dalam kawasan minapolitan. Namun, ke depan akan dirancang satu model rencana tata ruang kawasan strategis untuk pengembangan kawasan minapolitan ini. “Nantinya akan ada kawasan khusus di Lolak untuk kawasan minapolitan,” kata bupati Salihi.

Dia menambahkan, salah satu kriteria penetapan lokasi tersebut adalah memiliki Pelabuhan Perikanan yang telah memiliki Wilayah Kerja Operasional Pelabuhan Perikanan (WKOPP), dan kawasan yang telah memiliki Rencana Umum Tata Ruang (RUTR). “Jadi butuh satu kajian agar ke depan benar-benar sempurna,” pungkasnya.

 

konni balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.