Manfaatkan Teknologi Drone, STMIK Multicom Bolmong Kembangkan Smart Farming

0
904
Ilustrasi

TNews, Bolmong – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Multicom Bolaang Mongondow (Bolmong), akan mengembangkan teknologi Smart Farming dengan memanfaatkan Teknologi Drone.

“Kami akan memanfaatkan teknologi sensorik yang ada pada drone, kemudian akan  kami kembangkan teknologi tersebut menggunakan Artificial Intelligence (AI), agar bisa melakukan pemetaan terhadap suatu wilayah dan pendeteksian, disini fokus kami di bidang pertanian,”ungkap Ketua STMIK Multcom, Supit Mamuaya S Kom MMSI, Rabu (20/11/2019) saat dikonfrimasi.

Dikatakan Supit, saat ini tim dari STMIK sedang melakukan pemetaan di wilayah Danau Mo’oat yang luasnya mencapai 4 hektare. “Dalam pemetaan tersebut rencananya  kami akan menggunakan drone yang sudah dikembangkan dengan AI yang bisa mendeteksi penyakit, hama, tingkat kesuburan tanah dan struktur geografis wilayah tersebut,”ungkap Supit.

Supit berharap, dengan inovasi-inovasi yang terus dilahirkan saat ini, STMIK Multicom bisa menjadi jembatan untuk pemerintah dalam mengembangkan teknologi di daerah.

Diketahui, STMIK Multicom beberapa waktu lalu mendapatkan bantuan Peralatan Komputer Super Canggih, Drone, Camera, dan Video Camera dari PP-PTS Kemenristek Dikti.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.