Masyarakat Bolmong Diimbau Waspada Cuaca Ekstrim

0
21
Ilustrasi Cuaca Ekstrem.
TNews, BOLMOMG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengeluarkan imbauan terhadap ancaman bencana.

BPBD Bolmong sendiri berharap khususnya warga atau masyarakat yang berada di wilayah sempadan sungai dan perbukitan.

Imbauan tersebut dikeluarkan BPBD Bolmong Rabu 26 Oktober 2022 terkait dengan intensitas hujan yang disertai angin kencang yang di pesisir utara.

โ€œMasyarakat agar meningkatkan kewaspadaan karena potensi ancaman bencana Hidrometeorologi mengingat kondisi saat ini wilayah Bolaang Mongondow lebih khusus bagian pesisir Utara diguyur hujan dengan Intensitas sedang hingga tinggi dan masih akan berlangsung hingga beberapa jam ke depan,โ€ begitu imbauan resmi yang dikeluarkan BPBD Bolmong.

Segera lakukan evakuasi mandiri jika terdapat hal-hal yang berpotensi membahayakan keselamatan jiwa dan laporkan kondisi wilayah apabila membutuhkan bantuan evakuasi melaluiย c๐จ๐ง๐ญ๐š๐œ๐ญ c๐ž๐ง๐ญ๐ž๐ซ ๐๐”๐’๐ƒ๐€๐‹๐Ž๐๐’ ๐๐๐๐ƒ ๐Š๐š๐›upaten ๐๐จ๐ฅ๐ฆ๐จ๐ง๐  ๐Ÿฌ๐Ÿด๐Ÿฎ๐Ÿฎ-๐Ÿฏ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฌ-๐Ÿฏ๐Ÿฐ๐Ÿฌ๐Ÿฌ.

Sebelumnya BMKG telah mengeluarkan analisis terkait perkembangan citra radar cuaca dan citra Satelit cuaca BMKG tanggal 26 Oktober 2022 hingga Pukul 17.00 WITA.

Terdapat awan konvektif signifikan (awan Cumulonimbus) di seluruh wilayah Sulawesi Utara yang mengakibatkan terjadinya hujan lebat disertai petir dan masih berpotensi tumbuh dan meluas hingga 3 jam ke depan. Maka masyarakat agar lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang khususnya di daerah rawan bencana hidrometeorologi.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.