Masyarakat Terdampak Covid-19 di Bolmong Terima Bantuan Sosial Tunai

0
149
Bupati Yasti saat menyerahkan BST secara simbolis di Kecamatan Lolak. (Foto/Istimewa)
Loading...

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penyerahan bantuan itu diserahkan langsung Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, didampingi langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, para Asisten, Kepala SKPD, Forkopimda, Camat serta Sangadi, Kamis (28/05/2020), di Balai Desa Lolak, Kecamatan Lolak.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, bantuan tersebut dilakukan pemerintah guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat akibat dampak dari Covid-19. Hal itu juga kata dia, dilakukan dalam rangka pengganti Undang-undang No 1 Tahun 2020 tentang kebijakan keuangan Negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan Pandemi Covid-19. “Untuk itu, hari ini Pemkab Bolmong menyerahkan secara simbolis BST APBN berupa uang tunai sebesar Rp 600.000 kepada keluarga tidak mampu berdasarkan data terpadu dari Kemensos,” ungkap Bupati.

Dia menjelaskan, Pemkab Bolmong sendiri dalam menyerahkan bantuan tersebut mengacu pada data terpadu Kemensos. “Kita tidak boleh lari dari data ini. Benar-benar warga miskin yang menerima. Kemudian juga saya mengusulkan 1.000 penerima yang belum terdata di Kemensos. Untuk itu saya berharap data penerima harus betul-betul masyarakat miskin,” tegasnya.

Lanjutnya, BST ini merupakan bantuan tahap pertama untuk Bulan April 2020, dan untuk tahap kedua nantinya akan disalurkan di awal Bulan Juni. “Maka dari itu, saya berharap kepada keluarga penerima agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya guna meringankan beban selama masa pandemi Covid, dan bukan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat,” katanya.

Sekadar diketahui, bantuan tersebut diserahkan Bupati Yasti kepada 10.010 Kepala Keluarga (KK) penerima, serta diserahkan secara serentak di 15 Kecamatan se-Bolmong dan ditargetkan selesai diserahkan Jumat (29/05/2020).

 

Imran Asiaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.