Mudahkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Smart Lipu’ Naton Bakal Hadir di Kecamatan Passi Barat

0
65

TNews, Bolmong — Guna lebih memudahkan pelayanan terhadap masyarakat, Kecamatan Passi Barat bakal menjadi wilayah pilot project atau proyek percontohan Smart Lipu’ Naton di Kabupaten Bolaang Mongondow. “Iya, Smart Lipu’ Naton ini kita siapakan untuk lebih memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga segala pengurusan, baik berkas, dokumen atau lainnya, tidak harus jauh-jauhh lagi ke Lolak,” ungkap inisiator project sekaligus Camat Passi Barat, Ma’rief Mokodompit, Rabu (15/01/2020), saaat diwawancarai sejumlah wartawan usai menghadiri Rapat Orientasi Penyusunan RKPD, di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), di Lolak.

Dijelaskan Ma’rief, hal itu dimungkinkan karena jaringan seluruh 13 Desa di Kecamatan yang dipimpinnya sedang disiapkan agar terintegrasi dengan pusat data Pemkab Bolmong yang ada di Lolak. “Nantinya juga di setiap Kantor Desa di Passi Barat, akan dipasangi internet gratis atau WIFI sebagai bagian dari project Smart Lipu’ Naton. Nah, internet gratis ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Misalnya, untuk mendukung terbentuknya Kampung Literasi,” ujarnya Mokodompit.

Dirinya berharap, agar di tahun 2020 berjalan ini, Smart Lipu’ Naton di 13 Desa yang ada di Kecamatan Passi Barat bisa rampung seluruhnya. “Untuk langkah awal, saat ini website kecamatan Passi Barat sudah kita integrasikan dengan web www.bolmongkab.go.id milik Pemkab Bolmong. Nantinya secara perlahan akan terus dikembangkan sampai ke aplikasi-aplikasi pendukung untuk mewujudkan Smart Lipu’ Naton,” pungkas mantan Kabid e-Government Diskominfo Bolmong itu.

 

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.