OSN, 02SN dan FLS2N Tingkat Kecamatan Lolayan Resmi Dimulai

0
851

TNews, BOLMONG — Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) serta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong tahun 2020 resmi dihelat, Sabtu (8/2/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lolayan, Desa Lolayan tersebut trut dihadiri, Camat Faisal Manoppo, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Rivai Mokoagow mewakili Kadis Renti Mokoginta, Kasi Kurikulum dan Penilaian Subagio Manggopa, Koordinator Wilayah Kecamatan Lolayan Marsidik Potabuga, Kepala Sekolah (Kepsek) serta seluruh Siswa-siswi perwakilan se Kecamatan Lolayan.

Camat Faisal Manoppo saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa digelarnya OSN, O2SN dan FLS2N kali ini guna mewujudkan terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dan berlandaskan gotong royong untuk mencari bibit-bibit pelajar sekolah dasar yang berprestasi. Serta pihaknya sangat mengapresiasi dan berharap kepada para peserta yang akan bertanding dapat mengedepankan sportifitas. “Untuk para wasit dan juri supaya berlaku adil dan sportif. Supaya nantinya siswa maupun siswi dapat memilik prestasi akademis olahraga dan kesenian di bidang yang diminati serta dapat membanggakan nama baik sekolah masing-masing di tingkat Kecamatan Lolayan serta di tingkat Kabupaten Bolmong pada umumnya. Berharap kegiatan kali ini dapat berjalan lancar dari awal sampai dengan selesai,” ungkap Faisal.

Dirinya juga meminta kepada para siswa, agar dapat bertanding dengan serius dan menunjukkan bakat dan kemampuan di bidang masing-masing. “Karena setelah bertanding di tingkat kecamatan, para peserta akang menjadi wakil di tingkat kabupaten. Untuk itu, bertandinglah sesuai bidang masing-masing,” ujar Manoppo.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Abdul Rivai Mokoagow mewakili Kadis Renti Mokoginta pada kegiatan itu menegaskan, agar para kepala sekolah dan guru supaya secara bersama-sama untuk memantau dan selalu mengawasi para siswa-siswinya yang sedang bertanding. “Ini wajib menjadi perhatian untuk  diawasi. Karena para orang tua dari murid yang melaksanakan kegiatan ini sudah mempercayai sepenuhnya kepada para guru pembimbing,” beber Mokoagow.

Dia menjelaskan, jumlah cabor yang dilombakan diantaranya atletik, renang, bulu tangkis, senam, karate, silat dan sepak bola mini. “Kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahun. Dan sudah ada beberapa kecamatan yang selesai melaksanakannya,” ucapnya.

Kegiatan tersebut kata dia, merupakan ajang seleksi ditingkat kecamatan untuk melihat bibit muda, yang nantinya dapat bersaing pada tingkat kabupaten, provinsi maupun ke tingkat nasional. “Setelah melewati tahapan pelaksanaan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi selanjutnya di tingkat nasional. Sedangkan pelaksanaannya pada tingkat nasional akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera selatan. Dua tahun terkhir juga Disdik telah mengirim peserta tingkat nasional. Yakni, Sepak bola (liga pelajar SMP). Mudah-mudahan tahun 2020 ini ada yang bisa mewakili Kabupaten Bolmong,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan OSN, 02SN dan FLS2N tingkat Kabupaten Bolmong akan di gelar di Kecamatan Passi Timur tepatnya di Desa Insil dan Desa Sinsingon pada Bulan Maret mendatang.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.