Pastikan Bebas dari Covid-19, 256 Jajaran Bawaslu Bolmong Jalani Rapid Test

0
53
Pimpinan Bawaslu saat menjalani Rapid Test Covid-19.

TNews, BOLMONG – Guna memastikan bebas dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sedikitnya, 256 jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjalani Rapid Tes.

Hal itu dilakukan meski ditengah pandemi. Pasalnya, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 ini terus bergulir.

Menurut Ketua Bawaslu Bolmong Pangkerego, pihaknya menggelar Rapid Test bertempat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Inobonto I dan Puskesmas Pangian, sejak 13 hingga 14 Juli 2020.

Yang menjalani rapid kata dia, masing-masing Komisioner Bawaslu, Koordinator Sekretariat (Korsek), Bendahara, staf, Panwaslu Kecamatan hingga Panwaslu Kelurahan/Desa.

“Kegiatan Rapid Test yang dilakukan ini sebagai upaya untuk memastikan seluruh jajaran pengawas pemilu benar-benar bebas Covid-19, sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Kemudian menjaga agar di jajaran kita dapat memberikan hasil yang baik pada saat pelaksanaan pilkada berlangsung,” kata Pangkerego, Rabu (15/07/2020).

Kegiatan Rapid Test tersebut begitu penting untuk dilakukan guna memberikan perlindungan yang maksimal bagi jajaran Bawaslu dari paparan wabah Covid-19.

“Bawaslu Bolmong akan menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) agar pada saat pelaksanaan tahapan, agar semuanya berjalan lancar dan tidak mudah sakit,” tuturnya.

Sementara itu, Jerry S. Mokoolang selaku Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bwaslu Bolmong berpesan bagi jajaran Bawaslu, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, tetap menjalankan tugas sesuai protokol kesehatan pemerintah.

“Pengawas ad hoc tetap bersinergi dan saling koordinasi antar sesama penyelenggara Pemilu yang lainnya untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” harapnya.

Dengan dilakukan rapid test ini, dapat menjamin masyarakat se-Kabupaten Bolmong merasa lebih aman dan tenang saat jajaran Bawaslu menjalankan tugas di lapangan.

“Ini menjadi kepatuhan kami selaku anggota Bawaslu dalam menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, sekaligus merupakan perwujudan integritas Bawaslu Bolmong dalam pelaksanaan Pilkada,” kata Mokoolang.

Di sisi lain, Erni Mokoginta Koordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Bolmong berharap di masa pendemi ini, seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan hingga Penwaslu Kelurahan/Desa agar saling mengingatkan untuk mengupayakan diri masing-masing kemudian menjadikan kesehatan sebagai perhatian utama, agar semua proses tahapan pilkada berjalan dengan baik.

“Semoga hingga berlangsungnya Pilkada 9 Desember mendatang, kita dalam keadaan sehat dan senantiasa terhindar dari wabah Covid-19,” pungkasnya.

 

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.